Ticker

6/recent/ticker-posts

Olah Data Kuantitatif, Imam Ajak Pelototi Angka



KabarNU(15/3)- Peserta Pelatihan Jurnalistik Muda (Lajuda) melanjutkan kegiatannya dengan materi Mengolah Data Kuantitatif. Kegiatan berlangsung secara daring pada Ahad malam (14/3). Hadir sebagai pemateri Imam Subarkah M Pd dosen IAINU Kebumen yang juga Sekretaris LTN PCNU Kebumen.

Imam mengajak peserta untuk rajin memelototi angka-angka statistik.

“Statistik dan data itu khan merupakan komposisi utama untuk dapatkan narasi cerita dari sekumpulan data. Sekumpulan data ini akan kurang berarti apabila jurnalis tidak mampu mengolah sampai menginterpretasikan data”, jelas Imam Subarkah.

“Karenanya jurnalis perlu rajin belajar memelototi  data statistik, baik secara deskriptif maupun inferensial. Butuh paham jurnalisme data”, imbuhnya.

Kegiatan Lajuda sudah memasuki hari keempat. Sudah muncul sejumlah hasil kerja praktek peserta yang layak diekspose, sementara banyak juga yang perlu perbaikan.

“Ya, ini khan pelatihan serius, jadi ya kita coba sortir mana yang layak ekspose dan belum. Tapi kami senang peserta para muda antusias mengikuti pelatihan dan dapat menghasilkan produk berita”, ungkap Atim Rinawati MPd Pengurus LTN PCNU Kebumen.

Sesi berikutnya akan mencoba mengolah data kuantitatif dan bedah karya peserta. Rencananya peserta yang mendapatkan voucher bagi yang berprestasi, selain sertifikat.(*)