Ticker

6/recent/ticker-posts

Jelang Konfercab NU, 3 Nama Calon Menguat

 



kabarnu (10/5)- Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kebumen sudah cukup lama mempersiapkan perhelatan Konferensi Cabang (Konfercab) ke-15. Setidaknya tahun 2023 PCNU sudah me-launching logo Konfercab Ke-15 sebagai gambar di atas. Akan tetapi perhelatan itu beberapa kali diundur karena beberapa alasan, di antaranya adanya hajat nasional Pemilu 2024.

Konfercab NU akhirnya akan diselenggarakan pada Sabtu-ahad 25-26 Mei 2024 di Ponpes Al-Kahfi Somalangu Kebumen. Hal ini terungkap dalam Rapat Panitia OC Konfercab NU 2024, di Kompleks PCNU Kebumen, Jumat siang (10/5).



"Ijin resmi pelaksanaan Konfercab NU positif pada 25-26 Mei 2024. Surat resmi dari PBNU", jelas Drs KH Moh Dawamudin Masdar MAg Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen.

"Silahkan Panitia Organizing Commitee (OC) mempersiapkan perangkat teknis konferensi. Yang jelas, konferensi ini akan mengundang MWCNU se-Kabupaten Kebumen sebagai peserta", tuturnya.

Selain mengundang 4 utusan tiap MWCNU, Panitia juga akan menghadirkan 460 utusan Ranting NU se-Kabupaten Kebumen.

"Ranting NU se-Kebumen akan diundang untuk mengikuti pembukaan konferensi", ungkap K Fauzi Al Muhtad MAg Ketua Panitia OC Konfercab NU Tahun 2024.

Rencananya Konfercab NU Ke-15 2024 akan terbagi dalam sejumlah kegiatan persidangan. Salah satunya Sidang Komisi. Komisi-komisi yang direncanakan adalah Komisi Program, Komisi Bahtsul Masail Diniyah, dan Komisi Rekomendasi.

Dengan perhelatan Konfercab NU ini, kini sudah beredar sejumlah nama yang diperkirakan bakal maju dan didukung MWCNU peserta Konfercab. Setidaknya ada tiga nama muncul menguat, yakni, Drs KH Dawamudin Masdar MAg Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen sekarang ini, Dr H Imam Satibi MAg Rektor UMNU Kebumen, dan KH Ali Muin Amnur Lc MPd Pengasuh Ponpes Al-Istiqomah Petanahan.

Tema Konfercab NU Ke-15 2024 adalah Ikhlas Berkhidmat Teguh Berjam'iyah Memenangkan Umat. Gambar logo terinspirasi dari angka 15 yang kemudian disimbolkan dengan angka Arab. Angka Arab 1 dimaknai sebagai satu tekad satu semangat satu prinsip, bahwa Konfercab NU diniati hanya karena Allah SWT semata untuk berikhtiar menyatukan semua kekuatan SDM NU Kebumen dalam membesarkan NU. Warna angka hijau yang bermakna spirit memakmurkan warga NU Kebumen. 

Angka Arab 5 berbentuk hati yang bermakna rahmah atau kasih sayang. Kata 'rahmah' menjadi akronim dari ramah, amanah, harmonis, moderat, adaptif, dan humanis. Bahwa Konfercab diselenggarakan dengan ramah menebarkan suasana menyenangkan dan murah senyum, amanah atau akuntabel, harmonis penuh rasa persaudaraan, moderat tasamuh saling menghargai dan menghormati, adaptif dengan perkembangan era transformasi digital, dan humanis manusiawi. Angka berwarna kuning gambaran menyongsong masa keemasan NU.

Konferensi tentunya penting untuk menyusun program kerja empat tahun kedepan. Merujuk pada prioritas program PBNU, setidaknya ada empat program yang penting direncanakan secara matang. Keempat itu penguatan pemahaman ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja), pengembangan SDM NU, kemandirian ekonomi NU, dan kelembagaan NU. 

Di Kebumen terdapat dua perguruan tinggi milik NU, selain puluhan sekolah dan madrasah. Kampus NU khususnya harus mampu tampil dan menjadi bagian penting dalam manajemen program NU Kebumen kedepan. Persoalan penguatan sektor ekonomi dapat menjadi prioritas program untuk memenangkan umat kedepan.(*)