Ticker

6/recent/ticker-posts

Gayeng Pelatihan Menulis Buku IAINU Kebumen



KabarNU(25/4)- Gayeng hari pertama kegiatan pelatihan penulisan buku yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAINU Kebumen (Senin-Rabu 25-27/4). Kegiatan diselenggarakan melalui zoom. 

Kegiatan diawali dengan paparan keynote speaker Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama MSI. Fikria mengusung tema "Empowering Educational Community Service through Sustainable Book Writing".

Dalam paparannya Fikria mengajak dosen guru dan pendidik untuk mampu menginspirasi peserta didik.


Fikria Najitama MSI Rektor IAINU Kebumen


"Sekarang ini bahaya kalau peserta didik tidak memiliki sosok yang menginspirasi dari kalangan guru atau dosen. Guru harus bisa jadi idola bagi peserta didiknya. Salah satunya dengan cara menerbitkan buku, agar jadi tauladan mereka", jelas Fikria.

Pada sesi pertama, pelatihan diisi dengan materi penyusunan buku referensi berbasis hasil riset. Pematerinya Umi Arifah MM dosen IAINU Kebumen yang juga Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAINU Kebumen.


Umi Arifah MM dosen IAINU Kebumen

Sesi kedua diisi materi penyusunan buku ajar oleh Siti Fatimah MPd dosen IAINU Kebumen. Peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Materi buku ajar menjadi materi paling manarik menurut hasil  jajak pendapat peserta pelatihan.


Siti Fatimah MPd dosen IAINU Kebumen


Kegiatan juga diisi terkait penerbitan buku ber-ISBN oleh Priyo Sudarmo MPsi Manajer Penerbitan Magnum Pustaka Utama Yogyakarta, dan tentang pengembangan literasi sekolah/madrasah oleh Dr Muhyidin MPdI Direktur Penerbit Gestalt Yogyakarta yang juga dosen Pascasarjana IAINU Kebumen.

Kegiatan yang diikuti 200 peserta lebih ini akan berlanjut dengan latihan dan praktek-praktek penyusunan buku referensi dan buku ajar. Selain itu juga akan disampaikan cara pengurusan hak kekayaan intelektual (HKI) oleh Muna Fauziah MPd dosen IAINU Kebumen. Peserta berasal dari kalangan mahasiswa, dosen, guru, dan umum. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sejumlah peserta seperti dosen dari Jakarta dan Palembang memberikan respons sangat positif dengan kegiatan ini (*)