Ticker

6/recent/ticker-posts

LPBI NU Kebumen Latih Relawan Bencana, Ini Harapan Pemda Kebumen

 


KabarNU(10/4)- Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Cabang Kebumen selenggarakan Pelatihan Relawan Tahap 1 dengan tajuk “Menuju Kebumen Tangguh Bencana”. Kegiatan dilaksanakan di wilayah MWCNU Ayah tepatnya di Kompleks SMK Maarif 6 Ayah, Jumat-Ahad (9-11/4/21). Hadir Ketua MWCNU Ayah K Ahmad Efendi beserta jajarannya, KH Saeful Munir mewakili PCNU Kebumen, dan Ketua LPBI PCNU Kebumen Mukhsinun SHI MEI.

Nampak hadir Drs Eko Widiyanto Plt Kalak BPBD Kabupaten Kebumen mewakili Bupati Kebumen, Teguh Kristiyanto ST MM Sekretaris BPBD Kabupaten Kebumen, Drs H Sabar Iriyanto MM Ketua PMI Kabupaten Kebumen, Forkopimcam Kecamatan Ayah, utusan Polairut, Puskesmas Ayah. Hadir juga utusan MWCNU Ayah, Rookele, Sempor, Buayan, Gombong, dan Kuwarasan, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Ketua LPBI NU Kebumen Mukhsinun SHI MEI mengungkapkan tujuan kegiatan.

“Kegiatan pelatihan ini akan merambah 26 MWCNU se-Kebumen. Tahap 1 dipusatkan di Ayah. Tujuannya untuk membangun kapasitas masyarakat dan warga NU terhadap kesiapsiagaan bencana”, jelas Mukhsinun SHI MEI yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAINU Kebumen.

“Ini juga untuk meningkatkan kapasitas internal dan sekaligus meningkatkan kemitraan dengan stakeholders terkait”, imbuhnya.

Sementara MWCNU Ayah melalui K Ahmad Efendi menyatakan kegembiraannya.

“Ini sebuah kehormatan dan sekaligus kesempatan untuk kami belajar tentang pengelolaan bencana dan skill teknis kebencanaan. Ini mengingat Ayah termasuk wilayah dengan potensi kebencanaan yang tinggi. Atas nama MWCNU saya berterima kasih dan berharap dukungan kepada pemerintah (BPBD Kab Kebumen) dan LPBI NU Kab Kebumen agar dapat meningkatkan pelayanan terhadap jama’ah dan masyarakat”, ungkap K Ahmad Efendi. 

Kegiatan pelatihan Relawan LPBINU ditargetkan  melatih 160 relawan. Pelaksanaannya dibagi dalam 4 tahap. Tahap 1 di wilayah barat di Ayah, Tahap 2 di wilayah timur di Kutowinangun, Tahap 3 wilayah selatan di Klirong, dan Tahap 4 di wilayah utara di Karangsambung. Tahap 1 di Ayah diikuti 55 relawan. Adapun narasumber pelatihan dari  BPBD Kabupaten Kebumen, PMI Kabupaten Kebumen dan LPBI PCNU Kebumen.

Dalam sambutannya KH Saeful Munir mewakili PCNU Kebumen mengapresiasi langkah cepat LPBI NU.

“PCNU sangat mengapresiasi langkah sigap LPBINU bersama mitra dalam penanganan bencana dan musibah. Kami PCNU Kebumen merasa bangga dan mendukung penuh langkah konkrit  LPBI NU Kebumen dan mitra”, sambut KH Saeful Munir.




 
Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto SH dalam sambutannya yang disampaikan oleh Drs Eko Widiyanto Plt. Kalak BPBD Kabupaten Kebumen menyampaikan banyak terima kasih atas partisipasi LPBI NU  Kebumen.

“Terimakasih banyak atas partisipasi LPBINU Kebumen. Selama ini LPBINU  telah berperan aktif baik dalam kebencanaan seperti banjir, longsor, pandemic covid-19. Termasuk kegiatan LPBINU Kebumen dalam bidang kepeduliannya terhadap lingkungan melalui pengelolaan sampah dan kegiatan lainnya”, sambut Bupati Kebumen yang dibacakan Drs EKo Widiyanto.

“Pemerintah berharap adanya sinergitas antara pemerintah dengan organisasi kemanusiaan seperti LPBINU Kebumen dan organisasi kemanusiaan lainnya. Termasuk dunia usaha dan dunia pendidikan.  Dengan langkah bersama yang sinergi kita dapat membangun ketangguhan masyarakat di dalam menghadapi bencana alam maupun non-alam yang ada di Kabupaten Kebumen, baik pada pra-bencana, saat bencana, maupun pasca-bencana”, jelasnya.(*)