Ticker

6/recent/ticker-posts

Perkuat Distingsi, IAINU Gelar Sekolah Pengabdian Masyarakat



kabarnu(9/7)- Bertempat di Auditorium IAINU Kebumen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IAINU Kebumen menggelar Sekolah Pengabdian Desa Wisata 2024. Kegiatan diikuti sekitar 250 mahasiswa semester 6 yang akan terjun mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) sepanjang Juli-Agustus 2024.

"IAINU terus mengembangkan distingsi kampus, dan kami LPPM mencoba mempertajam dengan program pengabdian masyarakat", jelas Fikria Najitama MSI Ketua LPPM sekaligus Ketua KKN 2024.




Kegiatan sekolah kali ini diisi tim mentoring dari dosen IAINU Kebumen. Tim ini adalah Akhmad Nurkholis MH yang membahas anatomi desa wisata, Agus Salim Chamidi MPdI tentang metodologi pengabdian, dan Dr Umi Arifah MM tentang  penulisan laporan dan publikasi. 

Sekolah yang dikemas dalam rangka sukses KKN ini meramu sejumlah program KKN. Diantaranya program desa wisata bertajuk Muslim Friendly Tourisme sebagai program utama. Kemudian sejumlah program pendukung, seperti program desa ekonomi tumbuh, program desa tanggap budaya, program desa peduli pendidikan, dan program desa berjejaring. 




Tim KKN akan berada di lokasi KKN untuk membersamai komunitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) untuk memetakan (mapping) seluruh aset potensi yang dimiliki. Dalam pelaksanaan programnya Tim KKN akan selalu berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat. Kebersamaan ini terus dikembangkan dengan membangun dukungan elemen-elemen masyarakat. Kebersamaan ini akan berujung pada kegiatan aksi desa wisata sebagai wujud realisasi program.




Peserta KKN IAINU terdiri dari KKN Reguler, KKN Mandiri, dan KKN Internasional. KKN Reguler dan Mandiri berlangsung di Kebumen dengan 25 lokasi desa wisata. Sedangkan KKN Internasional rencana di Malaysia. IAINU sebagai kampus yang berlebel keagamaan Islam tentu sangat penting terus memperkuat distingsinya dengan mengetengahkan tema-tema kontemporer di atas. Luaran kegiatan sekolah ini berupa draft proposal KKN. Sedangkan luaran KKN direncanakan berupa laporan KKN dan sejumlah artikel pengabdian. Artikel kolaboratif mahasiswa dan dosen direncanakan akan dipublikasikan dalam bentuk artikel jurnal dan book chapter. (*)