Ticker

6/recent/ticker-posts

Kabar Gembira! An-Nidzam dan Cakrawala Lolos Sinta

 

kabarnu(23/5)- Kabar gembira datang dari IAINU Kebumen. Dua jurnal ilmiah lolos Sinta. Ini termaktub dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nomor 72/E/KPT/2024 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2024.

Kedua jurnal itu Jurnal An-Nidzam dan Jurnal Cakrawala. Ini merupakan akreditasi jurnal pertama yang diikuti jurnal-jurnal di lingkungan IAINU Kebumen. Jurnal An-Nidzam berhasil lolos Sinta-4. Sedangkan Jurnal Cakrawala di peringkat Sinta-6. 

Sinta sendiri kepanjangan dari Science and Technology Index. Sinta merupakan laman ilmiah yang dikelola Kemendikbud Ristek. Laman ini menyajikan daftar jurnal-jurnal nasional terakreditasi. Dengan demikian An-Nidzam dan Cakrawala sudah termasuk kategori jurnal ilmiah terakreditasi. Sinta memiliki kategori kualitas jurnal dengan peringkat 1 dikenal dengan Sinta-1 (S1) sampai dengan Sinta-6 (S6).



Meskipun belum maksimal, akan tetapi prestasi An-Nidzam dan Cakrawala ini menjadi sejarah baru IAINU Kebumen. 

"Kami mengelola sembilan jurnal. Dan kali ini kami mengajukan tiga jurnal. An-Nidzam, Cakrawala, dan Labatila. Alhamdulillah sudah terbit hasil akreditasi dua jurnal. Ini jadi kabar gembira tentunya", ungkap Sukataman MPd dari Griya Jurnal IAINU Kebumen.

"Semoga hasil akreditasi Labatila juga segera keluar. Dan tentunya ini jadi motivasi besar bagi kami untuk terus berjuang dan mengajukan jurnal-jurnal yang lainnya kedepan", imbuhnya.



IAINU Kebumen merupakan PTKIS di Kebumen. Kampus yang tengah merenovasi gedung utamanya kini terus mengupayakan layanan terbaiknya kepada masyarakat. Sejumlah kegiatan internasional terus dimaksimalkan. Di antaranya benchmarking, KKN dan PPL ke Malaysia. Kedepan kampus ini memimpikan menjadi kampus unggul dan rujukan kajian keIslaman yang distingtif.(*)