Ticker

6/recent/ticker-posts

Menarik, Pinjol Masuk Arena Konfercab NU

 

kabarnu(23/5)- Menarik sekali perhelatan Konfercab NU XV Kebumen 1445/2024 yang akan diselenggarakan di Ponpes Al-Kahfi Somalangu Kebumen, Sabtu-Ahad (25-26/5/2024). Salah satu yang menarik perhatian tentang pinjaman online atau yang dikenal dengan sebutan pinjol. Pinjol singkatan dari pinjaman online. 

Pinjol masuk arena Konfercab kali ini. Pinjol menjadi materi pembahasan dalam Sidang Komisi B. Komisi ini membahas persoalan keagamaan. Pinjol menjadi materi bahtsul masail  diniyyah waqi'iyah atau pembahasan masalah keagamaan kontemporer kekinian.

Setidaknya ada dua pertanyaan yang akan muncul, bagaimana tinjauan fikih terhadap fenomena pinjol dan bagaimana sebaiknya pemerintah lakukan kebijakan terkait pinjol. Persoalan ini akan menjadi pembahasan  Komisi B, selain persoalan keagamaan yang lainnya.



Berbeda dari kerja komisi yang lain, Komisi Bahtsul Masail ini menghadirkan tokoh kyai, narasumber kompeten, dan referensi kitab kuning terkait. Hadirnya kitab kuning ala pesantren menjadi kekhasan NU dibandingkan jam'iyah lain. Kitab-kitab ini ditulis pada beberapa abad yang lalu, akan tetapi masih tetap dipakai di kalangan nahdliyin.

Di arena Konfercab persoalan aktual tentang pinjol didialogkan dengan referensi lama dan baru. Ini tentu sangat menarik. Apalagi bagi kalangan akademisi dosen dan mahasiswa, terutama dari kalangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan Fakultas Syariah. Biasanya Komisi ini sangat bergairah. Penuh diskusi dan argumentasi khas pesantren. Ruang sidang pun terkesan santai lesehan.(*)