Ticker

6/recent/ticker-posts

Guru Mapel/Kelas Dominasi Peserta Bimtek IAINU-UNINUS

 


KabarNU(12/11)- Berlangsung secara daring, IAINU Kebumen bekerjasama dengan Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung dan sejumlah mitra selenggarakan bimbingan teknis kurikulum merdeka. Bimtek mengngkat tema "Bimtek Platform Merdeka Mengajar untuk Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah/Madrasah". Kegiatan berlangsung dengan model pembelajaran In-On-In pada 3-8 November 2022.

Pada Sesi In-1 (3/11), terungkap mayoritas peserta adalah guru mata pelajaran dan guru kelas.  Hal ini dijelaskan Agus Salim Chamidi Ketua LPPM IAINU Kebumen berdasarkan hasil pemetaan peserta bimtek yang mengisi form. Dari 180an peserta, 60% lebih adalah guru mapel/kelas. Sedangkan kepala sekolah/madrasah dan wakil kepala sebanyak 22% lebih. Selebihnya adalah dosen, mahasiswa, dan lainnya. Setidaknya ada 15 item pertanyaan dalam upaya pemetaan ini. Meskipun dilakukan dengan google form, pemetaan telah berhasil menarik peserta secara partisipatoris. Saat dipresentasikan Agus, peserta pun tidak mngelak hasil pemetaan. 

Setelah pemetaan dilakukan penetapan skala prioritas dan materi kurikulum merdeka. Dengan dipandu moderator Nahdiyah Hidayah MM, Nurhidayah MPd paparkan tentang kurikulum merdeka. Sebelumnya Agoes Dariyo MSi memberikan sambutan selamat datang.

Kegiatan bimtek merupakan tindak lanjut dari MoU IAINU Kebumen dengan UNINUS Bandung. Secara teknis kegiatan bimtek diselenggarakan Pascasarjana IAINU Kebumen bersama Sekolah Pascasarjana UNINUS Bandung, dan dibantu para mitra dan LPPM IAINU Kebumen.




Tujuan kegiatan adalah terselenggaranya tindak-lanjut MoU antara UNINUS Bandung dan IAINU Kebumen dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM), terwujudnya penguatan dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah/madrasah/satuan pendidikan, terwujudnya peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi kurikulum merdeka di sekolah/madrasah/satuan pendidikan, dan terselenggaranya kegiatan bimbingan teknis (bimtek) sebagai bentuk pengabdian perguruan tinggi kepada masyarakat, yang memberikan solusi pemecahan permasalahan implementasi kurikulum merdeka di sekolah/madrasah/satuan pendidikan. 

Sesi In-1 yang dipandu protokol Siti Fatimah MPd berlangsung hangat. Pada akhir sesi, Dr Okke Rosmaladewi MPd dosen UNINUS Bandung memberikan ulasan dan closing statement. Puncak acara bimtek pada Selasa 8 November 2022 secara daring/online(*)