Ticker

6/recent/ticker-posts

Bimtek IAINU-UNINUS: 90% Peserta Belum Kuasai Kurikulum Merdeka

 


KabarNU (12/11)- 90% lebih peserta bimtek mengakui belum menguasai kurikulum merdeka. Hal ini terungkap dalam Sesi In-1 Pemetaan Masalah dan Penetapan Prioritas Kerja dalam Bimtek Platform Merdeka Mengajar untuk Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah/Madrasah, Kamis (3/12).

Menurut Agus Salim Chamidi, setidaknya ada 4 hal yang belum dikuasai peserta. Keempat hal tersebut berupa penguasaan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) sebesar 92% lebih, penguasaan Asesmen dalam Kurikulum Merdeka sebesar 93% lebih, penguasaan tentang Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) 93% lebih, dan 90,7% belum menguasai konsep peningkatan Kompetensi dan Kinerja Guru. Peserta mengakui mayoritas belum memahami kurikulum merdeka (71,6%)

Forum bimtek dengan dipandu Agus menyetujui kondisi faktual peserta. Pertama, peserta paham kurikulum merdeka, akan tetapi kurang menguasainya. Kedua, peserta belum paham kurikulum merdeka, apalagi menguasainya.

Meskipun secara daring/online, Sesi-1 berlangsung hangat. Peserta antusias mengikuti serangkaian acara yang digelar sejak pagi hingga siang. Bimtek dikemas dalam model In-On-In dengan 32 jam pelajaran (JP) dan bersertifikat.(*)