Ticker

6/recent/ticker-posts

KKN IAINU Kolaborasi Bareng Ansor-Fatayat se-Kebumen


KabarNU(29/7)- IAINU Kebumen gelar KKN 2022/2023. Kali ini KKN IAINU berkolaborasi dengan GP Ansor dan Fatayat NU se-Kabupaten Kebumen. KKN berlokasi di 26 kecamatan di Kebumen, dan di tiap kecamatan KKN bekerjasama dengan PAC GP Ansor dan PAC Fatayat setempat. Selain di Kebumen, KKN juga diselenggarakan di Purbalingga, Purworejo, dan Bantul DIY melalui program KKN Mandiri.

342 mahasiswa KKN IAINU 2022 dilepas Rektor IAINU Fikria Najitama MSI, dan diterima Sekretaris Daerah Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH mewakili Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH. Serah terima berlangsung di Pendopo Kabhumian Kompleks Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (21/7). 

Kegiatan KKN berbasis komunitas Ansor-Fatayat NU tahun ini mengusung sejumlah program KKN. Di antaranya program usaha bisnis dan ekonomi kreatif, bidang pendidikan dan budaya, dan bidang dakwah dan keagamaan Islam. Mahasiswa KKN akan melakukan pendataan kondisi Upzisnu, perpustakaan, dan website Ansor-Fatayat di tingkat PAC/kecamatan. Selain itu di tingkat Ranting (desa/kelurahan) mahasiswa melakukan pendataan tempat usaha, lembaga pendidikan, grup seni budaya, dai muda, pemuda ahli agama Islam, sebaran alumni IAINU/STAINU Kebumen.


PKD Ansor di PAC Sruweng


KKN juga terlibat dalam program partisipasi dengan mengikuti kegiatan-kegiatan Ansor, Fatayat, dan NU di lokasi masing-masing. Banyak sekali kegiatan partisipatif yang sudah diikuti para mahasiswa KKN. Di antara kegiatan Pendidikan Kader Dasar (PKD) Ansor, kegiatan rutinan PAC/Ranting Fatayat, termasuk kegiatan Sekolah Kader Penggerak Desa (SKPD).


Usaha ternak kelinci di Klirong


Hadirnya KKN sangat menguntungkan Ansor dan Fatayat NU setelah sekitar dua tahun masa pandemi covid19. Pandemi cukup membuat banyak organisasi mengalami stagnasi, termasuk Ansor dan Fatayat NU di wilayah kecamatan dan desa/kelurahan. Bagi IAINU Kebumen, KKN kali ini sangat positif untuk mendekatkan mahasiswa dengan pelaku usaha/UMKM, pegiat pendidikan dan budaya, serta para penggerak masyarakat. Selain melakukan pengabdian masyarakat, melalui KKN mahasiswa juga melakukan penelitian berbasis pengabdian. Hasil penelitiannya nantinya akan dikemas dalam bentuk artikel ilmiah dan dipublikasikan.

KKN berlangsung dari 18 Juli sampai 29 Agustus 2022. Rencananya puncak acara akan digelar KKN-EKspo dengan menyajikan stand produk lokal dan lainnya. Disiapkan juga panggung hiburan dan doorprize KKN. (*)