Ticker

6/recent/ticker-posts

Gus Hilmy PBNU Pengajian di PP Al Kahfi, Ini Pesan Gus Nilzam



KabarNU(27/3)- Khatib Syuriyah PBNU Dr KH Hilmy Muhammad MA akan sampaikan mau’idlatul khasanah di PP Al Kahfi Somalangu Asuhan KH Afifuddin Chanif Al Jailani Al Hasani yang juga Rois Syuriyah PCNU Kebumen. Gus Hilmy  – sapaan akrabnya – hadir dalam rangkaian acara walimatul ikhtiram wat-ta’dzim masyayikh dan khatmil-qur’an santri PP Al Kahfi.

Rangkaian acara digelar sejak Sabtu pagi (26/3), berupa ziarah muasis (pendiri) PP Al Kahfi dan sema’an Al Quran 30 juz. Ahad pagi (27/3) acara wisuda dan siangnya dilanjutkan pawai taaruf seni budaya kreasi santri. Malamnya khatmil quran santri putra, pembacaan simtuddurar dan pengajian. Senin pagi (28/3) acara pembacaan dzikir qubra bersama KH Afifuddin Chanif Al Jailani Al Hasani.

Dr KH Hilmy Muhammad MA merupakan Pengasuh PP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Gus Hilmy adalah cucu KH Ali Maksum Rois Aam PBNU 1981-1984. Sekarang ini beliau juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) 2019-2024 dari daerah pemilihan DIY. Pria kelahiran 1971 ini pernah mengenyam pendidikan S1 Tafsir Hadist di IAIN Sunan Kalijaga (sekarang UIN Sunan Kalijaga). Aktivis PMII ini kemudian menempuh S2 di Khartoum Sudan dan menyelesaikan S3 di Universitas Kebangsaan Malaysia.




Hadir Dr KH Nilzam Yahya MAg Pengasuh PP Ali Maksum menggantikan Gus Hilmy yang berhalangan hadir. Dalam pengajiannya, Gus Nilzam mengingatkan para wisudawan dan hadirin tentang pentingnya mudzakarah atau mengulang-ulang ilmu yang telah dipelajarinya.

"Sabatul-'ilmi bil-mudzakaroh. Tetap langgengnya ilmu itu dengan mengulang belajar", jelas Gus Nilzam.

Gus Nilzam berpesan pentingnya khidmat, dan mengisahkan tentang sejarah Sahabat Anas bin Malik dalam berkhidmat kepada Rasulullah SAW. Yang kedua, pentingnya manfaat, bahwa ilmu yang didapat hendaknya bermanfaat sebagai petunjuk bagi orang lain. Yang ketiga, pentingnya istiqamah (konsisten).

Acara pengajian dipungkasi KH Drs Mohammad Dawamuddin Masdar MAg Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen. Acara yang dihadiri seribuan orang ini berlangsung semarak. Nampak hadir juga Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH beserta jajaran Forkompimda Kebumen, jajaran pengurus PCNU Kebumen beserta lembaga dan badan otonom NU.  Acara ditutup dengan doa KH Sonhaji dari Kutowinangun(*)