Ticker

6/recent/ticker-posts

Istimewa! IAINU Kebumen Selenggarakan KKN Pendampingan Tahsinul Jam'iyah

 



KabarNU(8/8)- Menarik rencana kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAINU Kebumen Tahun 2021/2022. Setidaknya ada ada dua hal istimewa dari KKN kali ini, pengabdian terkait pemulasaraan jenazah dan pendampingan program tahsinul jam’iyah NU. Kegiatan ini akan dikonsentrasikan di 26 Majelis Wakil Cabang (MWC) NU se-Kabupaten Kebumen.

“Minggu ini kami tengah siapkan agenda pertemuan dengan seluruh MWCNU se-Kebumen. Kami juga akan membekali mahasiswa terkait pendampingan program tahsinul jam’iyah NU”, jelas Umi Arifah MM Ketua Pelaksana KKN IAINU Kebumen.

IAINU Kebumen merupakan kampus NU tertua di Kebumen. Pengalaman membantu eksistensi jam’iyah NU selama ini tentunya sudah tidak diragukan lagi. Apalagi sudah banyak sekali alumni kampus NU ini yang tersebar mengabdi di hampir seluruh desa/kelurahan di Kebumen.

Tema KKN Civil Society Tangguh Covid19. Tema ini selaras dengan tema HUT RI Ke-76 Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

“Tujuan KKN tahun ini dalam rangka mendukung pemerintah dalam edukasi dn penanggulangan wabah covid19. Untuk itu kami programkan sosialisasi pemulasaran jenazah dan penanaman pohon bidara yang lazim dipergunakan untuk proses memandikan jenazah”, jelas Umi Arifah.

“Tujuan lainnya dalam rangka sukses tahsinul jam’iyah PCNU Kebumen. Mahasiswa dalam dampingan dosen pembimbing lapangan nantinya akan mendampingi MWCNU di lokasi KKN masing-masing. Mereka akan membantu MWCNU terkait pemenuhan compliance mutlak, compliance relative, dan pemenuhan standar kinerja organisasi MWCNU”, imbuhnya.

Ada sekitar 300 peserta KKN yang akan disebar belajar dan mengabdi ke 26 kecamatan untuk mendampingi MWCNU se-Kebumen. Pelaksanaan KKN pada 16 Agustus – 30 September 2021. Sebelumnya peserta akan mengikuti  pembekalan KKN, TOT pemulasaraan jenazah, observasi dan penyusunan action plan, dan seminar. Sistem pendaftaran  sampai dengan pelaporan KKN sudah menggunakan sistem manajemen e-learning. Istimewa pelaksanaan KKN IAINU Kebumen kali ini.(*)