Ticker

6/recent/ticker-posts

Tutup Lajuda, Ini Pesan Kyai Faizin



KabarNU(21/3)- Setelah berlangsung secara virtual sejak Ahad (7/3) akhirnya kegiatan Pelatihan Jurnalistik Muda (Lajuda) LTN PCNU Kebumen resmi ditutup Ahad sore (21/3). Hadir pada kesempatan ini Pengurus PCNU yang juga Pembina LTN NU Kebumen KH Faizin Jamil MPd, Ketua LTN PCNU Kebumen Agus Salim Chamidi MPdI, dan puluhan peserta pelatihan.

Hadir juga dua wartawan pembedah, Arif Widodo MKom dan Guntur Mukti SIP. Nampak hadir juga jajaran pengurus LTN NU Kebumen, Bahrun Ali Murtopo, Atim Rinawati, dan lainnya. Acara dipandu host nadia Rafiah Nawa Kartika.

Dalam sambutan penutupan, KH Faizin Jamil M Pd mengapresiasi kegiatan Lajuda.

“Ini program kegiatan yang sangat baik, dan NU sangat membutuhkan jurnalis-jurnalis handal kedepan”, sambut KH Faizin Jamil yang akrab dipanggil Kyai Faizin.

“Menyambung istilah jurnalis profetik, kita butuh jurnalis profetik yang tidak hanya sekedar membuat berita, akan tetapi memiliki dimensi profetik, ada pahalanya. Jurnalis profetik adalah pejuang pena, dai pena, dan ini malahan lebih mulia dan lebih manfaat di era seperti sekarang ini”, ungkap Kyai Faizin dengan nada bangga.

Lebih jauh KH Faizin Jamil menjelaskan ciri khas jurnalis profetik.

“Jadilah dai profetik dengan mengikuti sifat-sifat Nabi. Yang pertama, jujur. Karya berita tulis, foto dan video silahkan dibuat dengan landasan kejujuran. Kedua, amanah, terpercaya. Karya Anda memang benar dan dapat dipercaya. Bukan hoaks. Ketiga, tabligh atau update. Informasi dan berita yang dibuat benar dan dibutuhkan masyarakat, bukan asal ramai”, pesan Kyai Faizin.

“Yang keempat, fathanah, cerdas. Karya jurnalis dibuat dengan cerdas dan mencerdaskan”, imbuh Kyai Faizin dari Kuwarasan yang biasa memberi ceramah pengajian di berbagai tempat.

Sementara dalam sambutan penutupannya Ketua LTN NU kebumen Agus Salim Chamidi banyak berterimakasih.

“Atas nama panitia dan LTN NU Kebumen saya berterimakasih kepada seluruh narasumber, peserta, dan PCNU Kebumen. Semoga kedepan LTN NU Kebumen dapat menfasilitasi kegiatan sejenis dengan lebih baik”, ungkap Agus.

Diakhir kegiatan diberitahukan adanya sertifikat bagi peserta yang membutuhkan. Selain itu disiapkan juga hadiah voucher bagi peserta aktif dan terbaik.(*)