Ticker

6/recent/ticker-posts

Temuan Surat Syuriyah Tahun 1970




KabarNU(20/3)- Dokumentasi Lembaga Ta’lif wan Nasyr (LTN) PCNU Kebumen merupakan sebuah surat. Dokumen surat dikeluarkan oleh lembaga syuriyah, tertulis: Sjurijah Nahdlatul Ulama Tjabang Kebumen. Tanggal surat: Kebumen 7 Djuni 1970. Nomor surat 03/V1/1970. Hal undangan sidang chususi. Kepala surat: Kepada Jth Bapak-2 Anggota Sjurijah NU Tjabang Kebumen, dengan tambahan tulisan tangan tangan berwarna biru nama KH Zamzam Tm.winangun. Di bagian bawah terdapat nama, jabatan, dan tandatangan: Rois KH Zamzam dan Katib H Nurchamid

Isi surat: Dengan ini kami mengharap dengan hormat, atas kehadiran Bapak-2 Anggota Sjurijah N.U.  untuk membahas Masail-2 Diniyah yang sudah kami kirimkan pada tgl: 13 mei 1970 jang lalu, untuk mentjari qoidah-2 nja. Sidang Sjurijah diselenggarakan pada tiap-2: Hari:Minggu pon. Tanggal:14 Djuni 1970. Dimulai djam: 8.00 pagi. Bertempat di: Gedung Kaqfiyah Kebumen. Kemudian harap mendjadikan maklum, dan ditunggu-2 kehadiran-nya/djawabannja. Isi surat nampaknya terdapat salah ketik, Kaqfiyah, yang dimaksud sepertinya Gedung Waqfiyah Kebumen – Waqfiyatul Hujaj Kebumen Jalan Veteran.

NU Kebumen dirintis pada 1936, yang dengan kata lain dokumen surat di atas dibuat setelah 34 tahun NU berkiprah di Kebumen. Surat ini berarti dibuat 51 tahun yang lalu. Sepertinya surat diketik separo halaman kertas.  Lembaga syuriyah NU pada tahun 1970 sudah menjalankan tugas dan fungsinya dalam pembahasan masail diniyah (persoalan keagamaan Islam). 

KH Zamzam diketahui tinggal di Tamanwinangun Kebumen dan dimakamkan di Pemakaman Damarjati Tamanwinangun, sedangkan H Nurchamid diketahui pernah tinggal di Wonoyoso Bumirejo Kebumen dan dimakamkan di Pemakaman Wonoyoso. Surat sudah diketik dengan mesin ketik. Ejaan masih ejaan lama, huruf y ditulis j,  huruf j ditulis dj, huruf c ditulis tj . Ini jenis Ejaan Soewandi (1947-1972) sosok Menteri Pengajaran Pendidikan dan Kebudayaan RI.


KH Wahab Chasbullah


KH Idham Kholid

     

Menilik catatan sejarah PBNU pada 1970an dipimpin Rois Aam Syuriyah PBNU KH Wahab Chasbullah (1947-1971) dan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU KH Idham Kholid (1952-1984). Temuan dokumen surat ini tentunya penting dan menarik sekaligus semoga dapat menggugah kalangan nahdliyin Kebumen untuk membantu LTN PCNU Kebumen merunut dan mendokumentasikan sejarah dan kiprah NU di Kebumen dari masa ke masa. (*)