Ticker

6/recent/ticker-posts

Sesi Foto-Video Lajuda, Guntur Siap Bantu Magang Peserta




KabarNU(11/3)- Semakin hangat kegiatan Pelatihan Jurnalistik Muda (Lajuda) LTN NU Kebumen yang diselenggarakan secara daring Kamis siang (11/3). Hal ini tergambar dalam sesi materi pembuatan foto dan video. Pemateri Guntur Mukti Pimpinan Redaksi Mrapat.id .
Guntur menjelaskan bahwa fotografi dan videografi itu berawal dari ide.

“Fotografi dan videografi itu khan hasil dari sebuah ide yang diaktualisasikan dalam sebuah gambar foto atau video”, papar Guntur.

“ide atau konsep itu penting. Selain itu kuasai tekniknya dan asah intuisi kita agar kita mendapatkan hasil yang berkualitas”, imbuhnya.

Sesi ini juga mencermati hasil kerja peserta dalam membuat berita dan foto-fotonya. Guntur menilai kerja peserta sudah bagus, hanya butuh penyempurnaan.

“Sebaiknya foto berita itu nyambung dengan beritanya. Sudut pengambilan gambarnya minimal ya tujuhpuluh persen wajah orangnya terlihat”, ujar Guntur saat menilai hasil kerja peserta.

“Sekarang tren berita dengan foto dan video. Ya sebab pembaca lebih leluasa menikmati tanpa harus lelah membaca. Lebih cepat, akurat, dan fun. Kalau video untuk pemula ya durasinya cukup 3-5 menit saja dulu”, ungkap Guntur.

Ketika ditanya apakah media Mrapat.id dapat menerima peserta untuk magang melatih diri, Guntur menyatakan kesiapannya.

“Silahkan kami siap menerima peserta yang ingin magang di tempat kami. Silahkan untuk melatih diri menulis berita, fotografi, maupun videografi”, tutur Guntur.

Rencana Lajuda akan digelar kembali pada Ahad malam (14/3) untuk belajar memahami data guna keperluan pemberitaan. Lajuda 2021 sebagai program tahunan LTN PCNU Kebumen mengalami kemajuan dengan munculnya beberapa hasil tulisan berita karya peserta yang layak diekspose.(*)