Ticker

6/recent/ticker-posts

Resensi Buku, Memperkokoh Performance Pengabdian Dunia Kampus



MEMPERKOKOH PERFORMANCE PENGABDIAN DUNIA KAMPUS
Agus Salim Chamidi
IAINU Kebumen


Judul Buku: PENDEKATAN-PENDEKATAN DALAM UNIVERSITY-COMMUNITY ENGAGEMENT, Penulis: Dr Moh.Ansori M.Fil.I, Drs Agus Afandi, M.Fil.I, Dr.Ries Dyah Fitriyah, M.Si, Rizka Safriyani, M.Pd, dan Hernik Farisia M.Pd.I. Editor: Wahidah Br.Zein Siregar MA,Ph.D, Fitriah MA,Ph.D, Dr.Andriyani Samsuri S.Sos,MM, dan Dr.Lilik Huriyah M.Pd.I 
Penerbit UIN Sunan Ampel Press Surabaya, anggota IKAPI, ISBN:978-602-332-139-1
Tahun 2021, xiv+462



Ini buku menarik bagi upaya memperkokoh performance pengabdian dunia kampus. Meskipun relatif cukup tebal, akan tetapi gaya penyajiannya sangat praktis. Ada 11 Bab, dan tiap bab tersusun praktis model pembelajaran. Buku ini cocok untuk pemula maupun pegiat pemberdayaan dan pengabdian masyarakat.

Bab 1 bicara paradigma university-community engagement, mulai dari pengertian, landasan, dan prinsipnya. Termasuk dilengkapi dengan rangkuman, lembar kegiatan, assesment, dan daftar pustaka, yang kesemuanya ada dalam tiap bab. Bab 2 bicara teori-teori sosial utamanya aliran positivis dan kritis, dari August Comte sampai Jurgen Habermas. Bab 3 bicara tentang fasilitasi dalam community engagement. Bicara tentang fasilitator dan fasilitasi, azas-azas, kompetensi yang baik, dan proses fasilitasi. Bab 4 tentang varian pendekatan dalam community engagement. 

Bab 5 secara khusus bicara tentang participatory rural appraisal (PRA). Bab 6 tentang participatory action research (PAR). Bab 7 tentang pendekatan asset based community development (ABCD).

Pada Bab 8 buku ini melengkapinya dengan pendekatan service learning. Ini sangat menarik tentunya. Bab 9 tentang community based participatory research (CBPR). Kemudian Bab 10 buku ini mencoba melengkapinya dengan model monitoring dan evaluasi pada kegiatan penguatan komunitas. Bab 11 terakhir buku ini melengkapinya dengan bagaimana menyusun laporan.

Buku ini, sebagaimana disampaikan dalam Kata Pengantar, disusun sebagai bentuk pengembangan buku ajar di UIN Sunan Ampel kampus yang konsen kuat dalam mengembangkan kemitraan perguruan tinggi dengan masyarakat. Buku ini tetap layak menjadi rujukan penting bagi perguruan tinggi lain, pesantren, organisasi masyarakat, dan pegiat pemberdayaan masyarakat. Sayang sekali buku secantik ini kurang menampilkan contoh-contoh visual yang mempermudah orang di luar kampus untuk mendalaminya. Akan semakin cantik dan fun apabila buku ini dilengkapi juga dengan karya tutorial audio video, sebab orang-orang zaman sekarang ini lebih suka memegang gawai daripada menekuni lembaran buku. Meskipun demikian, sekali lagi, buku model ebook ini sangat recommended untuk Anda, utamanya dalam rangka memperkokoh performance pengabdian dunia kampus Anda.(*)