Ticker

6/recent/ticker-posts

Peserta Semangat, Agus Ajak Pertajam Panca Indera


KabarNU(17/3)- Tetap semangat puluhan peserta Pelatihan Jurnalistik Muda (Lajuda) di sesi ke-5 tentang mengolah data kualitatif, Rabu sore (17/3). Kegiatan berlangsung secara daring dengan pemateri Agus Salim Chamidi dosen IAINU Kebumen.

“Alhamdulillah di sesi kelima ini peserta masih getol semangat mengikuti Lajuda. Setidaknya ini ditandai dengan bertambahnya jumlah karya kiriman peserta hasil olah jurnalistik di lokasi masing-masing”, jelas Agus Salim Chamidi yang juga Ketua LTN PCNU Kebumen.

Agus mencoba mengajak menulis berita yang tidak kering. Caranya antara lain dengan memasukkan narasi kualitatif dengan tetap mengacu pada pendekatan 5W+1H.

“Ada banyak kata yang membuat sebuah berita menjadi terasa hidup. Misalnya, IPNU-IPPNU Ayah Gelar Turnamen Voli. Akan terasa basah misalnya dengan tambahan kata ‘sukses’ menjadi Sukses IPNU-IPPNU Ayah Gelar Turnamen Voli. Tambahan satu kata ‘sukses’ membuat sebuah berita jadi terasa berisi dan pembaca jadi ingin membaca lebih”, jelas Agus.

“Secara lebih mendalam sebaiknya dibiasakan menonjolkan pertanyaan ‘kenapa’ dan ‘bagaimana’ untuk mendapatkan berita yang berkualitas dan tidak landai”, imbuhnya.

Ketika seorang peserta, Alfa Maghfiroh, menanyakan terkait teras berita, Agus memandang penting menonjolkan sisi kualitatif sebuah berita.

“Di teras berita saya pandang penting menonjolkan hasil olah data kualitatif dari sebuah berita. Biar lebih menarik pembaca”, jawab Agus sembari memberikan beberapa contoh dan ulasan melalui internet.

“Seperti mahasiswa menulis karya ilmiah skripsi misalnya, seorang jurnalis muda perlu mengasah pancainderanya untuk menyempurnakan hasil karya beritanya. Apa yang dilihat, dirasakan, didengar, semuanya dapat menjadi data faktual dan bahan penulisan berita. Selain ditulis dinarasikan, sebaiknya semuanya diperkuat dengan foto atau videonya. Mari pertajam panca indera kita untuk sajian berita yang lebih berkualitas”, ajaknya.

Kegiatan pelatihan yang berlangsung sejak Ahad (7/3) akan berakhir Ahad besok (21/3). Sesi terakhir berupa bedah-bedah karya peserta dan dilanjutkan upacara penutupan. Direncanakan akan diumumkan sejumlah peserta yang layak mendapatkan voucher dari LTN PCNU Kebumen. Kegiatan ini juga mendapatkan apresiasi positif dari sejumlah pegiat LTN NU dari berbagai kota di Indonesia.(*)