Ticker

6/recent/ticker-posts

Lagi Ditemukan Dokumen Surat Ansor 1955



KabarNU(24/3)- Sebuah dokumen surat lawas kembali dapat ditemukan Rabu (24/3). Surat berkop sederhana: GERAKAN PANDU ANSOR TJABANG KEBUMEN, tertanggal 23 Pebruari 1955. Nomor surat: 23/II-’55. Perihal: Peringatan Isra’/Mi’rodj Nabi Besar Muhammad Saw. Sifat: Undangan. Temuan surat lawas ini berkepala surat ditujukan kepada Kyai Zamzam Ketamanan (Tamanwinangun).

Isi surat: Dengan segala hormat. Merdeka! Dengan ini kami mohon dengan hormat sudi apalah kiranja Bapak berkenan meluangkan waktu jang bahagia guna menghadliri peringatan Peringatan Isra’ dan Mi’rodj Nabi Besar Muhammad S.a.w. jang akan kami selenggarakan nanti pada malam Djum’at paing tgl. 9 Radjab 1374 atau 3/4 Maret 1955 bertempat di Serambi/halaman Mesdjid Besar Kabupaten Kebumen dimulai djam 20.30 dengan atjara: 1.-Pembukaan/Pembatjaan Al Qur’an. 2.-Ichtisar Riwajat Isra’/Mi’rodj Nabi Besar Muhammad S.a.w. 3.-Pidato K.H.Anwar Musaddad Guru Besar pada Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) Jogjakarta, dengan sekedar menundjukkan gambar-2 jang sesuai dengan kenjataan, keagamaan, dan kesulilaan. 4.-Sambutan. 5.-Penutup/Do’a.

A/n. Pimpinan G.P. Ansor Tjabang Kebumen: Wk.Ketua: Slamet; Sekretaris I Muzakki D.N. Dibubuhi tandatangan dan cap basah.

Ada tambahan, Noot: 1.Surat undangan ini untuk seorang harap dibawa dan ditundjukkan kepada pendjemputnja. 2.disediakan tempat duduk dimuka Kantor Urusan Agama Kabupaten Kebumen.




Temuan ini tentu sangat menarik. Banyak hal yang layak diperdalam lebih lanjut. Surat lawas diketik manual. Kepala surat ditulis tangan dengan huruf Arab/Arab Pegon. Ada empat nama yang tertera dalam surat, yaitu, KH Zamzam Ketamanan, KH Anwar, Slamet, dan Muzakki DN. Pada 1955 KH Zamzam sudah menjadi tokoh kyai NU dan menjadi panutan pemuda NU Kebumen. Sedangkan KH Anwar Musaddad merupakan profesor bidang ushuludin seorang tokoh nasional yang mendapatkan tugas dari Menteri Agama KH Fakih Usman untuk mendirikan PTAIN di Jogjakarta pada 1953 (UIN Sunan Kalijaga sekarang). Prof KH Anwar Musaddad merupakan pendiri Pesantren Al Musaddadiyah Garut Jawa Barat, dan pernah menjabat Wakil Rais Aam PBNU hasil Muktamar NU Semarang 1980.



Prof KH Anwar Musaddad Garut


Terkait nama Slamet dan Muzakki DN belum terlacak, termasuk kelengkapan dan nama-nama pengurus GP Ansor sekitar 1955. Namun demikian kiprah Ansor NU Kebumen saat itu dapat dirasakan sudah menonjol mengingat pada 1955 diselenggarakan Pemilu dan NU menjadi Partai NU yang baru berumur tiga tahun. 

Dari sepucuk surat dokumenter rupanya NU Kebumen sejak dulu sudah membangun komunikasi dan jaringan dengan tokoh NU tingkat nasional.(*)