Ticker

6/recent/ticker-posts

Banioro, 'Heboh' Fatayat Semarakkan Acara Muslimat

-Fatayat dan Muslimat Bersatu di Banioro-



KEBUMEN(4/8): Di dalam jam'iyah NU ada Muslimat, Fatayat, dan IPPNU, yang kesemuanya merupakan badan otonom (banom) NU bagi kalangan perempuan. Muslimat NU untuk ibu-ibu nahdliyin, Fatayat NU biasanya untuk para pemudi dan ibu muda nahdliyin, sedangkan IPPNU itu ikatan untuk para pelajar putri NU.

Di berbagai kegiatan, biasanya Fatayat dan Muslimat NU bersama-sama saling membantu menyelenggarakan kegiatan. Khususnya apabila Muslimat NU adakan acara, maka Fatayat NU akan dimintai membantunya. Hubungan Muslimat-Fatayat ibarat ibu dengan anak perempuannya dalam sebuah rumah, rukun bersama.


Santri TPQ Al Hidayah Banioro binaan Fatayat Banioro ikut serta meriahkan acara triwulanan Muslimat NU Ranting Desa Banioro dengan tari saman khas Aceh.(28/7)


Salah satu contohnya adalah kerja bareng yang dilakukan Muslimat dan Fatayat  NU Desa Banioro Kecamatan Karangsambung Kebumen. Pada acara Triwulanan Muslimat NU Ranting Desa Banioro, Fatayat NU Banioro pun 'heboh' semangat membantu dan mendukung acara 'ibu'-nya.  

Fatayat Banioro membina Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) Al Hidayah Banioro di Komplek Masjid Al Hidayah Banioro. Dengan semangat Fatayat Banioro menampilkan santri didiknya dalam acara Muslimat tersebut. Kali ini para santri TPQ Al Hidayah tampilkan tari saman tari tradisional dari Aceh. 

Dengan tari saman, rupanya  Fatayat NU pun mendidik kepada para santrinya tentang multikultural Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. 





Perempuan Fatayat sebagian juga merupakan generasi milenial. Tidak kalah dengan perempuan kota yang bisa jadi start up, Fatayat Bainoro pun bikin heboh dengan membuat photo-booth  di sekitar tempat kegiatan. Selain mengaji, para hadirin dapat berswafoto bersama rekan dan sahabatnya. Yang unik, sejumlah tulisan handy pun dibuat. Yang kreatif dan produktif, tiap pengunjung yang  berswafoto dimintai bantuan dana untuk Fatayat. Benar-benar  heboh Fatayat Banioro!, meskipun mereka berada jauh dari kota di wilayah pegunungan utara. Heboh benar Fatayat 'milenial'!



swafoto di photo-booth karya Fatayat Banioro



Puncak kegiatan triwulanan Muslimat NU Ranting Banioro kali ini diisi dengan pengajian oleh Nyai Hj Khofifah dari Petanahan. Hadir juga jajaran pengurus PAC Muslimat NU  Karangsambung, juga PAC Fatayat NU Karangsambung.
(knu03.Mrd.Ftm.Nrh.Mkm)