Ticker

6/recent/ticker-posts

Muslimat NU Padureso, Halal Bihalal Jadi Penyempurna

Halal Bihalal Muslimat NU Padureso (dok.)



KEBUMENKabarNU(23/6): Bertempat di Mushalla Tarbiyatul Athfal Desa Balingasal, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Kecamatan Padureso selenggarakan acara Halal Bihalal. Acara yang berlangsung santai 'lemprakan' ini sekaligus sebagai pembukaan kegiatan rutinan Muslimat NU Padureso. Pembukaan ini ditradisikan berlangsung di musholla asuhan KH Syaefurrohman bin KH Toifurrozi. Tradisi ini dilatari sejarah bahwa tokoh pendiri Muslimat NU Padureso adalah almarhum KH Toifurrozi.

Acara Halal Bihalal ini dihadiri jajaran Pengurus PAC Muslimat NU Padureso, Ranting Muslimat NU se-Kecamatan Padureso, jajaran Pengurus PAC Fatayat NU dan Ranting Fatayat se-Padureso, juga sejumlah tamu undangan. Sekitar tigaratusan orang memadati Mushalla Tarbiyatul Athfal Balingasal.

Hadir pula KH Syaefurrohman,  Ketua PAC Muslimat NU Padureso Siti Umi Salamah SPdI. Turut hadir Kepala Desa Balingasal Priyatini. Acara pada Ahad sore ini berlangsung lancar dan hidmat. 

Acara dibuka dengan tahlil KH Syaefurrohman, dan dilanjutkan sambutan sekaligus ikrar halal bihalal oleh Ketua PAC Muslimat NU Padureso Siti Umi Salamah. Penerimaan ikrar halal bihalal disampaikan oleh sesepuh Muslimat NU Padureso Nyai Hj Toifurrozi  yang didampingi Priyatini Kades Balingasal.

Acara dipungkasi dengan pengajian dan doa penutup oleh KH Atam Ruba'i Hamid SAg MSy Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Padureso. Dalam ceramahnya sekitar satu jam, Kyai Atam menguraikan arti pentingnya halal bihalal bagi manusia.

"Jadi, halal bihalal itu fitrah horizontal atau hablun minannas. Dan halal bihalal ini menjadi penyempurna  bagi fitrah vertikal atau hablun minallah",  simpul kyai muda asal Wonoyoso Kebumen ini. (knu05.ah)