Ticker

6/recent/ticker-posts

Di Masjid Legendaris, NU Panjer Dilantik

(Pelantikan NU Panjer oleh Ketua PCNU Kebumen)




KEBUMEN: Ahad pagi (30/6) Ranting NU Kelurahan Panjer Kebumen selenggarakan pengajian warga nahdliyin di Masjid Jami' Banyumudal Panjer. Acara ini sekaligus pelantikan Pengurus Ranting NU Kelurahan Panjer. Adapun pengajian disampaikan oleh KH Drs M Dawamudin Masdar MAg  Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen. 

Acara diselenggarakan di masjid legendaris yang masuk dalam daftar masjid cagar budaya. Di komplek masjid ini lazim diselenggarakan tradisi 'ingkungan' tiap bulan Muharram penanggalan Hijriyah.



KH.Drs.M.Dawamudin M.MAg


Ingkung itu masakan ayam kampung. Ayam Jantan atau 'jengger' yang sehat dan tidak cacat, atau boleh juga ayam betina tetapi yang belum pernah bertelur, yang sehat, tidak cacat, dan bersih. Ayam dimasak menu gulai  selain juga memasak lauk pauk lain dan nasi tumpeng. Maksud dan tujuan tradisi ini antara lain, bahwa dengan makan nasi dan lauk ayam adalah untuk meningkatkan gizi Keluarga yang  dianjurkan oleh agama pada bulan Muharram untuk makan makanan yang bergizi, dan dengan bagi-bagi nasi tumpeng dan ingkung kepada saudara dan orang yang lebih tua dan khususnya kepada fakir miskin dan anak yatim piatu adalah perwujudan perbuatan hormat, luhur, dan terpuji. Tradisi ini menjadi kekhasan di Masjid Jami' Banyumudal ini.



Pengurus baru NU Ranting Panjer


Dalam kesempatan ini, Kyai Dawam selaku Ketua PCNU Kebumen juga sekaligus melantik kepengurusan Ranting NU Kelurahan Panjer. Dan hari ini sejumlah pengurus PCNU Kebumen yang lain juga menunaikan tugas dalam kegiatan pembukaan KBIH NU di Kebumen, pelantikan NU di MWCNU Kecamatan Puring dan di Kecamatan Sadang.(knu01.Dm.Kho)