Ticker

6/recent/ticker-posts

Maarif NU dan IAINU Kebumen Kolaborasi Garap Kurikulum Merdeka

 

KabarNU(22/12)- Bertempat di Cinema SMK Maarif 1 Kebumen, LP Maarif PCNU Kebumen selenggarakan acara Sosialisasi dan Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Hadir undangan 86 kepala sekolah/madrasah di lingkungan Maarif NU Kebumen. Acara berlangsung meriah. Acara ini merupakan tindaklanjut kerjasama LP Maarif NU Kebumen dengan IAINU Kebumen.



Hadir Ketua Tanfidziyah PCNU KH Drs Muh Dawamudin Masdar MAg dan Kepala Kantor Kemenag Kebumen H Ibnu Asassudin SAg MPd.  Hadir juga Ketua LP Maarif NU Drs Drs Mahar Moegiyono HN MM, Ketua Panitia Drs H Azhar Muhammadi MAg, Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama MSI, dan sejumlah pengurus lainnya.

LP Maarif NU Kebumen mengelola 52 MI, 1 SD, 4 SMP, 16 MTs, 4 MA, dan 9 SMK. Seluruh sekolah/madrasah tersebar di berbagai daerah di Kebumen. Sebagian besar belum mengenyam IKM, dan sebagian perlu penguatan lebih lanjut seiring perkembangan dan kebutuhan.

 


Sesi sosialisasi dan perencanaan tindak lanjut langsung dimoderatori Ketua LPPM IAINU Kebumen Agus Salim Chamidi. Hadir juga Nurhidayah MPd, Dr Maryanto MPd, dan Fibriyan Irodati MPdI. Dalam sesi ini disampaikan seputar intisari dari kurikulum merdeka. Selanjutnya dilakukan rembugan rencana tindak lanjut. Disepakati model bimbingannya nanti model in-on-in dengan membagi peserta dalam lima kluster.

Ada tiga kluster MI/SD, 1 kluster MTs/SMP, dan 1 kluster MA/SMK. Kluster MI/SD wilayah barat direncanakan Sesi in-1 diselenggarakan di MI Banjarsari Gombong sehari penuh (9/1/23), wilayah tengah di MI Depokrejo (10/1/23), wilayah timur di MI Babadsari Kutowinangun (11/1/123). Kluster SLTP di SMP Maarif 1 Kebumen (12/1/23), dan Kluster SLTA di SMK Maarif 1 Kebumen (16/1/23).

Sebelum pelaksanaan per kluster, sebelumnya akan diselenggarakan Sesi In-1 Besar yang diselenggarakan LP Maarif NU Kebumen pada 7 Januari 2023 sehari penuh. Sedangkan Sesi In-2 Besar direncanakan pada awal Februari 2023. (*)