Ticker

6/recent/ticker-posts

Serius Kembangkan Pupuk Organik, Kader NU Ambal Undang Tim NU Jateng




KabarNU(1/4)- Serius kembangkan  pupuk organik,  kader  NU Ambal undang tim khusus dari NU Jawa Tengah. Bertempat di Balai Desa Benerwetan  Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Ambal Kebumen selenggarakan kegiatan sosialisasi pertanian organik Kamis siang (1/4). Hadir tim dari Lembaga Pengembangan Pertanian (LPP) PWNU Jawa Tengah, jajaran  pengurus MWCNU Ambal, dan duapuluhan  kader utusan Ranting NU.

Tim LPP PWNU Jateng memberikan sosialisasi  pertanian organik, yaitu K Amin Abdurahman dari bagian analisis lahan, K  Mukhlisin bagian sertifikasi organik, dan K  Turjangun bagian pengelolaan limbah. Usai acara tim bersama turun ke lapangan untuk pengecekan awal.

Menurut K Ansori Bendahara MWCNU Ambal, kegiatan ini sudah dirembug sejak lima bulan lalu bersama kader. 

“Ini para kader awalnya khan melihat Ambal merupakan wilayah pertanian, lalu kader jadi ingin memahami soal pertanian organik. Ya juga  untuk mengurangi pupuk kimia yang cukup berlebihan di sini”, jelas K Ansori.

“Kemudian para kader berinisiatif mengundang kader wilayah yang paham pertanian dari Lembaga Pengembangan Pertanian Jawa Tengah. Nantinya ya ada pendampingan serius”, imbuhnya. 





Pada saat  turun lapangan, Tim bersama MWCNU dan kader melakukan analisis awal. Tim lakukan analisa awal tanah dan air. Tim turun di Desa Benerwetan, Ambalkliwonan, dan Banjarsari Ambal. Rencananya pasca musim panen para kader dan MWCNU akan lebih mematangkan langkah tindak lanjut pengembangan pupuk organik. Sangat menarik langkah yang dilakukan kader PKPNU Ambal. Sejumlah dosen IAINU  Kebumen nampak terlibat dalam upaya awal ini.(*)