Ticker

6/recent/ticker-posts

Lajuda LTN NU Dibuka, Hudono Beri Tips Jitu

 



kabarNU(7/3)- PCNU Kebumen sambut baik kegiatan Pelatihan Jurnalistik Muda (Lajuda) LTN PCNU Kebumen. Hal ini diungkapkan H Tauhid Alamsyah SSy MSy Pembina LTN PCNU Kebumen yang juga Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen saat membuka resmi Lajuda Tahun 2021. Kegiatan dilakukan secara daring sore tadi. Kegiatan diikuti 40 peserta dari berbagai penjuru Kebumen, bahkan luar Kebumen.

"PCNU berterimakasih LTN NU dengan Kabar NU.id  telah membuat kegiatan PCNU beserta jajaran lembaga dan pengurusnya di sejumlah tingkatan menjadi tersiarkan kepada khalayak umum", ungkap H Tauhid Alamsyah SSy MSy dalam sambutannya.

"Ini artinya dunia media informasi komunikasi dan publikasi menjadi penting, dan pelatihan jurnalistik ini menjadi strategis", imbuhnya.




Usai dibuka Lajuda berlanjut ke materi pertama tentang perundang-undangan jurnalistik di Indonesia. Hadir pemateri pertama H Hudono SH MH Ketua PWI DIY yang juga putra Kebumen. Dipandu Atim Rinawati MSi, Hudono mengangkat tema Rambu-Rambu Hukum Pers dan Kode Etik Jurnalistik. 

"Dunia jurnalistik dunia yang spesifik, jadi kita perlu memperhatikan kode etik jurnalistik", jelas Hudono.

Hudono menjabarkan banyak hal dan contoh terkait Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Nomor 19 Tahun 2016. Dengan gaya khas dan diselingi guyonan, Hudono menyuguhkan materi yang berat menjadi renyah.

Saat sesi tanya-jawab, Saras Yaz Mita menanyakan tips membuat berita yang jitu terutama bagi pemula.

"Jujur jangan bohong. Itu kunci berita yang baik juga benar. Ojo hoax. Untuk pemula sangat baik menulis berita yang informatif dan edukatif dulu", ungkap Hudono.

"Banyak kegiatan di kampung di sekitar kita yang sebenarnya unik dan khas yang dapat ditulis menjadi informasi yang edukatif", pungkas Hudono.

Kegiatan Lajuda LTN NU Kebumen akan dilanjutkan nanti malam usai shalat isya'. Pemateri kedua rencana dari media di Jakarta.(*)