Ticker

6/recent/ticker-posts

Genapi Harlah, Pengurus NU Ziarah ke Makam Muassis/Masyayyih

 



KabarNU(26/2)- Masih dalam rangkaian Harlah NU Ke-98/95 Tahun 1442H/2021M, Pengurus PCNU Kebumen selenggarakan kegiatan ziarah kubur ke sejumlah makam muassis (pendiri) dan masyayyikh (guru). Berangkat dari Kantor PCNU Kebumen, para peziarah dibagi ke dalam tiga  rombongan.

Rombongan pertama ziarah ke makam KH Achmad Nashicha dan sejumlah makam lainnya. Rombongan kedua ke makam KH R Ahmad Afandi Kradenan Ambal dan makam lain. Sedangkan rombongan ketiga ke makam KH Mahfudz Chasbullah Jetis dan makam lainnya. Masing-masing rombongan diimami KH Nur Sodik, KH Samhaji, dan KH Saeful Munir.

KH R Ahmad Afandi merupakan tokoh pendiri NU Kebumen yang kurang banyak disebut khalayak. KH R Ahmad Afandi dikenal juga sebagai Kyahi Ngabehi Nidhobesari IV. Beliau termasuk keturunan Kyahi Ngabehi Nidhobesari I alias Kyai Basariman alias Pangeran Purboyo IV. Makam KH R Ahmad Afandi terletak di belakang Masjid Mutihan Wedigrujugan Desa Kradenan Ambal Kebumen. Makamnya relatif sangat sederhana. Beliau merupakan Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen pertama di seputaran tahun 1936. Salah satu keturunan beliau adalah almarhum KHA Baedhowy mantan Ketua MUI Kebumen. (*)