Ticker

6/recent/ticker-posts

NU Koordinasi Kesiapan New Normal, IAINU Kumpulkan Mahasiswa Baru




kabarnu(8/6)- PCNU Kebumen hari ini selenggarakan rapat koordinasi dalam rangka penerapan new normal (kenormalan baru) di Kebumen. Rapat menghadirkan pihak Dinas Kesehatan Kebumen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kebumen. Hadir pula jajaran tanfidziyah dan khatib PCNU Kebumen, LP Maarif NU, Tim Covid19, Lazisnu, RMI, LBM NU, Lembaga Kesehatan NU, Ansor Kebumen, dan P4SK Kebumen.


Dalam arahannya Ketua Tanfiziyah PCNU Kebumen Drs KH Moh Dawamudin Masdar MAg menandaskan pentingnya koordinasi antara pihak pemerintah dengan pesantren dan sekolah/madrasah di lingkungan NU.


"Kita perlu koordinasi agar pesantren dan lembaga pendidikan NU lainnya dapat segera beraktivitas", jelas KH Dawamudin.


Saat disinggung kesiapan menerapkan kenormalan baru, Ketua RMI PCNU Kebumen K Agus Fahrudin menyampaikan bahwa kalangan pesantren sudah menjalankan prosedur kesehatan.






"Biasanya santri yang datang kita coba karantina dulu selama 14 hari sebelum mereka masuk kamar", jelas K Agus Fahrudin.


"Kami juga berupaya menfasilitasi kedatangan santri ke Kebumen, sebatas kemampuan kami bersama PCNU Kebumen. Tentunya diharapkan pemerintah daerah terlibat aktif", imbuhnya.


Sementara itu Ketua P4SK Kebumen KH Saeful Munir menyampaikan bahwa kedepan pesantren di Kebumen pada prinsipnya siap mengikuti protokol kesehatan sebab selama ini juga mengikuti anjuran pemerintah terkait pandemi covid19.


"Santri sudah kita bantu beras dan lauk, masker, termasuk pengadaan kitab", jelas KH Saeful.


"Kami berharap pemerintah daerah melalui Dinkes Kebumen dapat mendatangi sejumlah ponpes untuk lebih lanjut meningkatkan koordinasi kita", imbuhnya.





Ketua LP Maarif NU Drs H Mahar Mugiono MM menyampaikan sekolah/madrasah mengikuti regulasi pemerintah selama ini, termasuk regulasi LP Maarif Pusat.


"Pembelajaran di lingkungan Maarif Kebumen relatif lancar. Penerimaan siswa baru juga menyesuaikan situasi", jelas Mahar.


"Kami harap proses belajar kembali berjalan normal dengan mengikuti prosedur. Minggu ini kita akan koordinasi internal" imbuhnya.


Ketua Lembaga Kesehatan NU H Tri Tunggal Eko Sapto SKM MM yang juga Ketua Tim Covid19 PCNU Kebumen menanggapi akan berupaya membantu mengkomunikasikan harapan NU dan pesantren dengan pihak terkait. 


"Kita akan koordinasikan dengan pemerintah dan pihak terkait hal kesehatan santri pesantren", jelasnya.


"Konklusi rapat hari ini kita tunggu dulu hasil koordinasi dengan pemerintah daerah", tandas KH Dawamudin di akhir rapat.



Mahasiswa baru IAINU Kebumen kumpul perdana (2020)



Sementara di IAINU Kebumen hari ini juga dilakukan pertemuan perdana dengan 200 lebih mahasiswa baru di aula kampus. Kegiatan menjalankan protokol kesehatan. Sejak masuk lokasi seluruh peserta dilakukan thermo-gun, dibagikan masker, dan dilakukan penjarakan posisi duduk.(*)


(knu.03)