Ticker

6/recent/ticker-posts

Webinar LTNNU Kebumen: New Normal World dan Media Islam Nusantara




kabarnu(28/5)- Sabtu siang (30/5) Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) PCNU Kebumen akan menggelar acara Webinar Nasional. Acara ini bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen dengan dukungan media kabarnu.id  dan Puspita Warna Kebumen. Kali ini webinar mengusung tema besar "New Normal World dan Media Islam Nusantara". 

Seminar online kali akan menghadirkan KH Drs Dawamuddin Masdar MAg Ketua PCNU Kebumen, yang akan menyuguhkan tema "Islam Nusantara, Potret Tradisi di Kebumen dan Sekitarnya". Islam Nusantara sebagai format Islam yang bersinggungan dengan budaya luhur Nusantara ini tentunya menjadi penting dihadirkan dalam forum ini. 

"Secara khusus diharapkan narasumber akan memberikan banyak asupan seputaran Islam Nusantara, khususnya di wilayah Kebumen dan sekitarnya", ungkap Imam Subarkah MPd Sekretaris LTN NU Kebumen.

Narasumber kedua Dr Syahbudi MSI, dosen dan peneliti IAIN Pontianak. Peneliti muda ini founder dari Natoras Institute, yang sempat mengenyam pendidikan singkat di Belanda dan Australia. Syahbudi akan mengusung tema "Tantangan Dakwah Islam Nusantara di Era New Normal World". Sebagaimana diketahui dengan munculnya pandemi covid19 dunia tengah mengalami kenormalan baru. Tidak hanya di bidang kesehatan saja, bidang-bidang kehidupan lain pun nampaknya tengah bergerak mengalami perubahan menuju dunia baru dengan kenormalan baru. Perubahan sosial budaya tentunya berkenaan juga dengan dunia dakwah Islam Nusantara. 

"Diharapkan narasumber akan memberikan gambaran dan analitik tentang tantangan dunia dakwah dan pendidikan Islam Nusantara, khususnya yang bersinggungan dengan dunia media sosial", jelas Imam Subarkah.

Narasumber ketiga Hari Usmayadi MKom MM, Ketua LTN PBNU. Hari Usmayadi akan mengusung tema "Strategi Dakwah Islam Nusantara di Era New Normal World". Sebagaimana diketahui Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) menurut Anggaran Rumah Tangga NU Pasal 17 ayat 6 merupakan lembaga yang bertugas mengembangkan penulisan, penerjemahan, penerbitan, serta media informasi menurut paham ahlussunnah waljamaah. Terakhir ini LTN PBNU  telah sukses menerbitkan mushaf Ar Risalah

"Kami harapkan Pak Hari nanti berkenan menceritakan sejarah dan kelebihan dari mushaf Ar Risalah, dan sekaligus  menularkan strategi jitu dakwah Islam di era media sosial dan kenormalan baru ini", harap Imam Subarkah yang juga Kaprodi PAI IAINU Kebumen.


cover mushaf Ar Risalah


"Acara kami gunakan aplikasi Zoom, dan kami bantu juga dengan link Facebook. Selain itu, kami juga siapkan link e-sertifikat bagi yang memerlukan yang akan kami share saat acara berlangsung", jelas Imam. (*)

(knu.04)