Ticker

6/recent/ticker-posts

Seminar IAINU Kebumen: Perubahan Tradisi Terjadi, Adaptasi Jadi Kunci (2)





kabarnu(23/5)- Dalam Webinar Nasional Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen, Dr Sulis Rokhmawanto MSi mengungkapkan, bahwa di tengah pandemi covid19 terjadi sesuatu yang baru yang berbeda dengan kebiasaan dan tradisi masyarakat kita.

“Sebelum adanya pandemi, kondisi kehidupan tradisi masyarakat relatif berlangsung kondusif. Kemudian saat awal covid19 datang, masyarakat pun masih relatif tenang dan menganggap itu penyakit orang kota saja,  Kemudian masyarakat mulai sadar setelah covid menimpa sejumlah orang di desa.”, ungkap Sulis.

“Adanya covid19 terjadi polarisasi dalam masyarakat antara yang sadar dan patuh, ada yang sadar tapi tidak-patuh, ngeyel. Ini terjadi juga terhadap sejumlah keputusan pemerintah dan lembaga keagamaan”, imbuhnya.

Kesadaran masyarakat,menurut Sulis, tumbuh seiring upaya ‘tekanan’ yang dilakukan. Muncul negoisasi jalan tengah, semacam ‘fikih baru’, ada pola-pola baru yang muncul kemudian.  Beribadah jamaah  jalan terus dengan menggunakan standar protokol kesehatan, meskipun hal ini juga menimbulkan persoalan baru di antara mereka sendiri, antara yang pro perubahan dengan yang tidak.

Dalam paparannya, Sulis mengakui bahwa media sosial sangat berpengaruh dalam proses perubahan tradisi, baik yang pro maupun tidak. Menanggapi  respons Rubi Ismayanto dari Kalimantan Barat terkait dengan dunia pendidikan, Sulis menyebut dunia pendidikan kampus utamanya perlunya upaya adaptasi sesegera mungkin.

“Kita perlu mengedepankan adanya upaya adaptif”, tandas Sulis saat closing statement.

Selain Dr Sulis Rokhmawanto, hadir juga sebagai narasumber Dr Syahbudi MAg dosen IAIN Pontianak dan Dr Tedi Kholiludin MSi dosen Unwahas Semarang. Acara Seminar Nasional dibuka Dekan Fakultas Tarbiyah Benny Kurniawan MPdI, dengan moderator Agus Salim Chamidi MPdI dosen IAINU Kebumen. Acara yang berlangsung Jumat (22/3) diikuti 400 orang lebih, baik dari kalangan umum, dosen, dan mahasiswa, baik di wilayah Pulau Jawa maupun luar Jawa. Acara diselenggarakan melalui aplikasi Zoom dan juga live streaming melalui akun facebook  Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen. Acara bergizi ini berlangsung santai gayeng. (*)