Ticker

6/recent/ticker-posts

Gayeng, Bedah Buku Menjerat Gus Dur




kabarnu(4/3)* Bertempat di Joglo Inklusif Kembaran Kebumen, Gus Durian Kebumen selenggarakan acara Bedah Buku 'Menjerat Gus Dur' karya Virdika Rizky Utama. Hadir sebagai pembedah Savic Ali Direktur NU Online Jakarta, Susilo Ari jurnalis TV, dan Aris Panji aktivis 1998. Hadir sekitar seratusan undangan, termasuk aktivis Gus Durian.

Savic Ali membedah cukup rinci. Apalagi Savic juga terlibat dalam proses penerbitan buku yang fenomenal ini. Sementara Susilo Ali mencoba membedah dalam perspektif jurnalis TV saat itu. Susilo kagum dengan kerincian buku ini. Hal senada juga disampaikan Aris yang malahan merekomendasikan agar buku ini menjadi koleksi pribadi.

"Saya kagum dengan rincinya data dalam buku ini", ungkap Susilo Ari.

Acara bedah buku semakin hidup dengan sejumlah respons hadirin. Dengan bedah dan buku ini warga nahdliyin dan Gus Durian pun menjadi semakin jelas tentang proses sejarah politik pelengseran Gus Dur dari kursi presiden.

"Buku ini kiranya jadi pelajaran dan catatan sejarah yang perlu diluruskan. Bahwa Gus Dur lengser oleh kekuatan oligarki politik", ungkap Savic dalam penjelasannya.

Buku ini menarik karena dilengkapi cukup banyak lampiran data sejarah. Sedianya penulis akan hadir, namun mendadak ada acara ke luar negeri. Acara kesejarahan berjalan santai dan gayeng dipandu moderator Taufik Hidayah. 

(knu.02)