Ticker

6/recent/ticker-posts

Mbah Maimoen Wafat, Ini Beberapa Catatannya



اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْن

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِيْهِ وَاعْفُ عَنْهُ اَللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَنَا وَلَهُ اَللَّهُمَّ أكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ كَمَا يُنَقَّ الثَّوْبُ اْلأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ اَللَّهُمَّ اجْعَلْ قَبْرَهُ رَوْضَةً مِنْ رِيَاضِ الجِنَانِ وَلاَ تَجْعَلْ قَبْرَهُ حَفْرَةً مِنْ حَفَرِ النِّيْرَانِ اَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ مُحْسِنََا فّزِدْ فِيْ إِحْسَانِهِ وَاِنْ كَانَ مُسِيْئََا فَتَجَاوَزْ عَنْ سَيِّئَاتِهِ وَقَدَّسَ اللَّهُ رُوْحَهُ وَكَرَّمَ نُزُوْلَهُ وَأَوْسَعَ مَدْخَلَهُ وَنَوَّرَ ضَرِيْحَهُ وَيُعْلِيْ دَرَجَاتَهُ فِيْ الجَنَّةِ بِبَرَكَةِ اَلْفَاتِحَة
ِبِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ۞ اَلْحَمدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ۞ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ۞ مَالِكِ يَوْمِ الدِّيْنِ۞ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَ إِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ۞ اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ۞ صِرَاطَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّآلِّيْنَ۞ أَمِيْنَ


Telah wafat di Makkah Al Mukarromah, sekitar Pukul 04.17 waktu setempat, beliau Al Mukarrom KH Maimoen Zubair (Mbah Moen).

Mbah Maimoen merupakan Pengasuh Ponpes Al Anwar Sarang Rembang. Kehadiran beliau di bumi suci Makkah dalam rangka menunaikan ibadah haji.

Dalam kepengurusan PBNU, Mbah Moen (91 tahun) merupakan Mustasyar (Penasehat) PBNU. Warga NU dimohon berkenan shalat ghaib dan mendoakannya.(Lihat surat PBNU di bawah ini).

Beliau setelah sholat dhuhur di Masjidilharam akan dishalati dan dimakamkan di Maqam Ma'la dekat dengan makam Sayidah Khadijah al Kubro, juga guru beliau Sayid Alawi al Maliki, Abuya Sayid Muhammad Alawi al Maliki dan dekat juga makam Habib Salim As Syathiry.

Berikut catatan sejarah Mbah Maimoen yang layak kita ketahui.

Beliau adalah putra pertama dari Kyai Zubair. Beliau dilahirkan di Karangmangu Sarang, pada hari Kamis Legi bulan Sya'ban tahun 1347 H atau 1348H (28 Oktober 1928).

Siapapun yang hidup dan sezaman tidaklah menyangsikan bahwa Kyai Zubair ayahanda Kyai Maimoen adalah murid pilihan dari Syaikh Sa’id Al-Yamani dan Syaikh Hasan Al-Yamani Al- Makky.

Kematangan ilmunya tidak ada satupun yang meragukan. Sebab sedari balita ia sudah dibesarkan dengan ilmu-ilmu agama. Sebelum menginjak remaja, beliau diasuh langsung oleh ayahnya untuk menghafal dan memahami ilmu shorof, nahwu, fiqih, manthiq, Balaghah dan bermacam ilmu syar'i yang lain. Kecemerlangan demi kecermelangan tidak heran menghiasi langkahnya menuju dewasa.

Pada usia yang masih muda belia, beliau sudah hafal di luar kepala kitab-kitab nadzam, di antaranya Nadzam Kitab Al-Jurumiyyah, Imrithi, Alfiyyah Ibnu Malik, Matan Jauharotut Tauhid, Sullamul Munauroh serta Rohabiyyah fil Faroidl. Seiring pula dengan kepiawaiannya melahap kitab-kitab fiqh madzhab Syafi’iyah, semisal Kitab Fathul Qorib, Fathul Mu’in, Fathul Wahhab.

Beliau memulai pengembaraan ilmunya dengan ngangsu kaweruh ke Pondok Lirboyo Kediri di bawah bimbingan KH Abdul Karim yang terkenal dengan Mbah Manaf. Selain kepada Mbah Manaf, Beliau juga menimba ilmu agama dari KH Mahrus Ali juga KH Marzuqi.

Saat menginjak usia 21 tahun beliau menuruti panggilan jiwanya untuk mengembara ke Makkah Al-Mukarromah. Perjalanan ini diiringi oleh kakeknya sendiri dari ibunya, yakni KH Ahmad bin Syu’aib. Tidak hanya satu, semua mata air ilmu agama dihampirinya. Beliau menerima ilmu dari sekian banyak orang ternama di bidangnya, antara lain, Sayyid Alawi bin Abbas Al Maliki, Syekh Al Imam Hasan Al Masysyath, Sayyid Amin Al-Quthbi, Syekh Yasin bin Isa Al- Fadani, Syekh Abdul Qodir Almandily.

Beliau memiliki 8 putra dan 2 putri.

Beliau juga pernah menjadi anggota DPRD kabupaten Rembang selama 7 tahun. Setelah berakhirnya masa tugas, beliau mulai berkonsentrasi mengurus pondoknya yang baru berdiri selama sekitar 7 atau 8 tahun. Akan tetapi rupanya tenaga dan pikiran beliau masih dibutuhkan oleh negara sehingga beliau diangkat menjadi anggota MPR RI utusan Jateng selama tiga periode. Dalam dunia politik beliau tergolong kiyai yang adem-ayem dan menebarkan kesejukan.



*)Disarikan dari berbagai sumber.