Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa MPI Adakan Latihan Ngurus Jenazah




KEBUMEN: Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAINU Kebumen kemarin (4/7) selenggarakan Pelatihan Tahlil dan Pemulasaraan Jenazah. Acara bertempat di aula komplek Ponpes Al Muttaqien Muktisari, dan diikuti limapuluhan santri dan siswa. Acara berlangsung santai namun hidmat. Pemateri dari alumni Ponpes API Tegalrejo Magelang asal Kebulusan, Ustadz Ahmad Khusosi.

Kegiatan ini menarik sebab berupaya mendekatkan kalangan muda dan remaja dengan persoalan harian masyarakat Muslim.




"Peserta dilatih membaca tahlil dengan tepat. Tujuannya agar para muda dan remaja terbiasa berdzikir dan berdoa. Dengan latihan ini, remaja biar tidak asing dengan tradisi tahlil", jelas Yudi salah satu mahasiswa MPI IAINU Kebumen.

Saat latihan pemulasaraan jenazah,  peserta pun nampak antusias. Mereka dilatih tatacara menghadapi orang jelang sakaratul maut sampai dengan pemakaman.

"Ini peserta juga dilatih tentang tata cara menghadapi seseorang saat mengalami sakaratul maut, menuntunnya, sampai proses ngurus jenazah dimakamkan", imbuh Yudi didampingi kawan-kawannya.

Ketika dimintai komentarnya, Nyai Siti Khotimah Mughni selaku Pengasuh Ponpes Al Muttaqin sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan tersebut.

"Terimakasih ini mahasiswa IAINU yang berinisiatif. Saya sangat senang dan mendukung. Karena materi yang diberikan sangat penting dan bermanfaat bagi peserta di kemudian hari", ujar Nyai Siti Khotimah Mughni.

Kegiatan ini lancar dan peserta sangat antusias dalam mengikuti serangkaian acara dari awal hingga akhir. (knu03.Mp.Yu)