Ticker

6/recent/ticker-posts

Kyai Said: Nabi Sukses Bangun Masyarakat Mutamaddin






KEBUMEN(30/7): Prof Dr KH Said Agiel Siradj MA  Ketua Umum PBNU menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW sukses membangun masyarakat Yatsrib yang beragam (plural) menjadi masyarakat yang menjunjung tinggi keadilan dan toleransi. Hal ini disampaikan dalam acara yang dikemas model ceramah dan dialog Halal Bi Halal Warga NU Kebumen di Kompleks SMK Maarif 1 Kebumen, Selasa sore (30/7).


"Yatsrib (Madinah) itu kota yang plural, berbeda-beda masyarakat dan budayanya. Nabi hadir dan sukses membangun Yatsrib menjadi masyarakat yang berdiri di atas konstitusi keadilan kebersamaan untuk sesama umat manusia", jelas Kyai Said, demikian sapaan akrab Prof Dr KH Said Agiel Siradj MA.


Guru dan siswa SMK Maarif 1 Kebumen berpartisipasi menyambut tamu (30/7)


"Islam sangat menjunjung tinggi perbedaan. Jangan suka cacimaki orang yang tidak menyembah Allah, nanti mereka balas mencacimaki Allah. Biarlah masing-masing punya kebanggaan dengan nilai dan budayanya sendiri. Kita harus hormati perbedaan. Sebenarnya kita tidak ada permusuhan kecuali kepada yang melanggar hukum", jelasnya lagi.


"Nabi sukses membangun masyarakat dengan prinsip keadilan dan toleransi. Inilah yang disebut masyarakat mutamaddin", imbuhnya.


Ribuan hadlirin hidmat mengikuti rangkaian acara Halal Bi Halal NU Kebumen


Ceramah dan dialog bersama Kyai Said ini mengambil tema 'Implementasi Addienu wal Mulk Imam Ghozali dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara'. Dialog santai dipandu oleh KH Drs Moh Dawamudin Masdar MA Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen. Ribuan hadlirin memadati arena. Hadirin pun sempat dibikin ger-geran oleh Kyai Said. Hadir sejumlah kyai dan nyai, termasuk KH Drs Muzammil Ketua PWNU Jawa Tengah.(knu02.Hmu.As.Chi)