Ticker

6/recent/ticker-posts

Doyan Jurnalistik, 'Hunting' Sampai Petang





KEBUMEN(18/7): Wartawan senior Jogja, Drs H Hudono SH Wakil Pimred Koran Merapi Yogyakarta mengapresiasi tinggi kegiatan pelatihan jurnalistik mahasiswa IAINU Kebumen. 

"Saya bangga mahasiswa IAINU Kebumen doyan dunia jurnalistik", ungkap Hudono yang juga Wakil Ketua PWI Yogyakarta Bidang Pembelaan Wartawan.




Acara pelatihan jurnalistik ini diselenggarakan oleh IAINU Kebumen bekerjasama dengan Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) NU Cabang Kebumen dengan prakarsa mahasiswa yang tergabung dalam wadah Bidikmisi Institut. Acara berlangsung hari ini di Auditorium IAINU Kebumen. 

Hadir Wakil Rektor I Fikria Najitama MSI yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara pelatihan ini. Ikut hadir juga Ketua LTN NU Cabang Kebumen Agus Salim Chamidi MPdI beserta sejumlah pengurus LTN NU.




Acara  yang dikemas santai 'lemprakan' ini diikuti seratusan mahasiswa dari Fakultas Tarbiyah, Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI), juga Fakultas Ushuluddin Syariah dan Dakwah (USADA). Tema kegiatan 'Membangun Jurnalistik yang Mendidik, Aman, dan Bermutu'.

Peserta juga dibekali wawasan kekinian tentang dunia jurnalistik, selain praktek membuat berita. Diharapkan hari ini juga seluruh peserta menghasilkan keluaran (outcome) berita yang  siap rilis sesuai harapan kampus.




Acara berlangsung sampai malam sebab peserta mempresentasikan hasil 'hunting' berita. Usai istirahat siang, peserta dibagi dalam 12 grup, dan masing-masing grup 'hunting' berita di lokasi sumber berita yang berbeda. Ada 12 lokasi, 2 berada di dalam kampus dan 10 di luar kampus. Menarik isu, tema, dan judul yang diusung tiap grup. Bedah 'hunting' berita dipandu Arif Widodo MKom wartawan Suara Merdeka yang juga dosen IAINU Kebumen.

Peserta penuh semangat. Selain mendapatkan materi makalah dari Drs H Hudono SH (Koran Merapi Jogja) dan Purwadi SAg (Sindonews Jakarta), peserta juga dapat sertifikat pelatihan. (kk03.Bram.Nad.Atr.Tof)