Ticker

6/recent/ticker-posts

Haul Kalirejo, Gus Qoyyum: Jangan Banding-bandingkan Kyai!

(Gus Qoyyum Lasem)



KEBUMEN: Ponpes Riyadhul 'Ulum Kalirejo Kebumen selenggarakan acara haul dan hotmil qur'an wal kutub. Acara berlangsung sejak Senin pagi (1/7) dengan agenda semaan al qur'an dan ziarah. Senin malam acara berlanjut dengan hotmil kutub aljurmiyah, imrithi, maqsud, dan alfiyah. Pengajian bersama KHMustofa Aqil Sirodj dan KH Masdar Alifuddin.

Selasa pagi (2/7) acara dilanjut dengan hotmil qur'an putri dan haul KH Ali Zen, Syeikh Samsul Ma'arif, Thoriqoh Syadziliyah, sekaligus juga haul sesepuh dan warga Kalirejo Kebumen. Adapun pengajian diisi oleh KH Abdul Qoyyum Mansur alias Gus Qoyyum dari Lasem Rembang.




Dalam ceramahnya, Gus Qoyyum berpesan kepada para santri agar ilmunya manfaat dan barakah. 

"Kalau mau dapat ilmu manfaat dan barakah, santri jangan suka melihat kekurangan kyai. Sebaliknya, santri sebaiknya membiasakan bersedekah dengan niat sedekahnya kyai", jelas Gus Qoyyum.




Gus Qoyyum juga berpesan agar santri jangan suka membanding-bandingkan kyainya dengan kyai yang lain.

"Janganlah jadi santri suka membandingkan kyainya dengan kyai lainnya. Jangan juga suka  cerita kehebatan kyai lain di hadapan kyai sendiri", tandasnya.




Selain itu Gus Qoyyum juga memberikan tambahan tips agar santri mendapatkan kemanfaatan dan keberkahan ilmunya, yaitu, mengaji dengan menghadap kiblat, berpakaian putih, dan diawali dengan shalat sunat.



Rangkaian haul dan khataman di Ponpes Riyadhul 'Ulum juga akan dimeriahkan dengan acara shalawatan bersama munsyid Gus Alif Kudus dan Habib Haidar Purwokerto malam ini.(knu05.Kw.To)

KH Badruddin (kopiah putih) bersama para munsyid.