Ticker

6/recent/ticker-posts

Mahasiswa MPI IAINU 'Ngaji' di Ponpes Nurul Hidayah

(Bersama pengurus pondok)



KEBUMEN: Sabtu pagi (29/6) rombongan mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam (MPI) IAINU Kebumen melakukan kunjungan observasi dalam rangka riset kepesantrenan ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah Desa Bandung Kebumen. Rombongan dipimpin oleh Gunadi mahasiswa MPI Semester IV. Rombongan diterima hangat oleh Pengasuh Nurul Hidayah KH Abdul Qodir Jaelani di kediamannya.

Selanjutnya rombongan bertemu dengan pengurus pondok guna melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait dengan manajemen pesantren.

"Ini tugas kampus sekaligus kreativitas kami. Kami ingin banyak belajar soal bagaimana manajemen pesantren di Nurul Hidayah, khususnya tentang kurikulum dan pembelajaran kitab, kepemimpinan, dan soal manajemen santri dan alumni ", jelas Gunadi.

"Selain itu, kami belajar juga soal manajemen produksi khususnya tahu, tempe, dan peci. Juga manajemen proyek dan sarana prasarana. Kami banyak belajar. Menarik sekali sebab disini santri sangat mandiri", imbuhnya.

Ponpes Nurul Hidayah merupakan sebuah pesantren tradisional khas yang memiliki keunikan. Di ponpes ini seluruh santri melakukan kegiatan usaha produksi dengan prinsip kemandirian, selain kegiatan rutin mengaji kitab. Ada ribuan santri mengaji dan sekaligus kiprah di pesantren ini. Sedangkan di Program Studi (Prodi) MPI IAINU sendiri, mahasiswa dibiasakan melakukan kreativitas melakukan riset bersama dan membuat laporannya.

"Ya salah satu ciri khas kami MPI IAINU memang penguatan riset bagi para mahasiswa. Biar mereka terbiasa olah data dengan baik, dan ini tentunya sangat ditunggu hasilnya oleh masyarakat", jelas Dr Sulis Rokhmawanto MSi Kepala Prodi MPI IAINU Kebumen. (knu03.Gn.Mp)