Ticker

6/recent/ticker-posts

Untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat, IAINU Terus Genjot Kiprah Internasional

 

kabarnu (23/6)- IAINU Kebumen terus menggeliatkan diri berkiprah di tingkat regional, nasional, maupun internasional melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Rencananya Juli-September 2024, melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) kampus kebanggaan warga nahdliyin ini akan memberangkatkan sekitar 250 mahasiswanya terjun mengabdi kepada masyarakat melalui program KKN.

“Ada 250 mahasiswa yang KKN, 230an ikut KKN Reguler dan Mandiri, 20an akan ikut KKN Internasional”, jelas M Latoif MPd Sekretaris Panitia KKN 2024.



“Ini proses seleksi KKN Internasional malahan sudah berjalan. Kami wawancarai calon peserta, diantaranya terkait kesiapan mental, kesehatan, dan skill. Kita siapkan peserta untuk go internasional”, imbuhnya.

KKN Internasional dikemas dalam magang internasional (international internship) di Malaysia. Yang KKN Reguler/Mandiri di Kebumen di sejumlah desa.



“KKN Mandiri/Reguler nanti akan mengabdi di desa-desa wisata. Konsepnya nanti pemetaan dulu bersama komunitas terkait untuk mengembangkan desa. Mahasiswa nanti juga akan kita bekali melalui sekolah pengabdian masyarakat”, jelas Latoif.

Tahun sebelumnya IAINU Kebumen sudah memberangkat mahasiswanya ke Malaysia. Bahkan pihak mitra Malaysia sempat bertandang ke kampus. Mereka sangat senang dan berterimakasih atas kiprah mahasiswa IAINU Kebumen di Malaysia.



IAINU Kebumen terus garap konsep internasional. Dua tahun sudah kampus ini membuka kelas Internasional program PAI. Kelas internasional ini menggunakan bahasa pengantar Bahasa Inggris dan  dalam perkuliahannya. Kelas ini diharapkan nantinya akan mampu memenuhi kebutuhan guru S1 di sekolah/madrasah berkelas global. Mereka pun dilatih menulis artikel dan buku berbahasa Inggris.

Sementara itu, para dosen juga terus dikembangkan kariernya untuk berkiprah di arena internasional. Diantaranya melalui seminar dan kerjasama internasional di berbagai tempat.(*)