Ticker

6/recent/ticker-posts

Petani Organik Ambal Promosikan Produk, Para Tokoh Berikan Apresiasi Positif

 


KabarNU (5/12) – Petani organik nahdliyin Ambal, Kebumen promosikan produk pertanian organik pada gelaran workshop di auditorium IAINU Kebumen, Sabtu(3/12/2022). Kegiatan bertajuk Workshop Promo Produk dan Pengembangan Pasar ini digelar LPPM IAINU Kebumen.

 

Hadir Rektor IAINU Kebumen Fikria Najitama MSI, Ketua LPPM yang juga ketua tim pendamping Agus Salim Chamidi, H Agan Suhari SE Bendahara PCNU Kebumen yang juga Ketua Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kebumen dan Komisaris PT Affa Berlian, Teguh Yuliono ST MSI Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, H Yusuf Murtiono Ketua Forum Masyarakat Sipil (Formasi) Kebumen, K Drs Mustofa Ketua KTST LPP PWNU Jawa Tengah, dan Fuad Wahyudi ST Wakil Ketua DPRD Kebumen.




Hadir juga rombongan petani organik Ambal, para dosen dan mahasiswa IAINU Kebumen. Nampak hadir juga utusan pemerintahan desa dari Desa Banjarsari Ambal, Kenoyojayan Ambal, Jagasima Klirong, Tanggulangin Klirong, Ayamputih Buluspesantren, dan Setrojenar Buluspesantren.

 

Dalam sambutannya Rektor IAINU Kebumen senang dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

“IAINU Kebumen senang dengan kiprah para dosen melakukan pengabdiannya kepada masyarakat. Ini bagian dari tri dharma perguruan tinggi. Apalagi kegiatan ini juga melibatkan banyak mahasiswa”, ungkap Fikria Najitama Rektor IAINU Kebumen.

 

“Kedepan IAINU Kebumen akan terus mengembangkan model-model kemitraan, baik di tingkat local, nasional, maupun internasional”, tandasnya.




Menurut Agus Salim, kegiatan promo ini merupakan tindak lanjut program kegiatan KTST Ambal.

 

“Kami sudah mencoba melakukan pendampingan sejak 2021. Dan kegiatan promo produk ini inisiatif teman petani Ambal untuk keperluan pengembangan pasar. Sebelumnya mereka sudah FGD dan praktek penguatan. Oleh karenanya kami fasilitasi dengan mengundang sejumlah pembicara untuk memberikan masukan bagi pengembangan usaha mereka”, jelas Agus Salim.

“Selain itu juga diundang sejumlah utusan desa dari tiga kecamatan”, imbuhnya.

 

Usai paparan produk dari Ambal, moderator Ahmad Nurkholis dosen IAINU Kebumen memberikan kesempatan pada para pembicara untuk memberikan tanggapannya.




H Agan Suhari menyambut baik langkah petani organic Ambal.

“Saya mendukung langkah petani organic Ambal. Kami siap berkolaborasi bekerjasama”, tandas H Agan Suhari.

 

Sementara H Yusuf Murtiono menekankan pentingnya pemerintahan desa mendukung pertanian organic.

 

“Kalau sampai pemerintah desa tidak sentuh, apalagi tidak beri anggaran, maka dholim namanya. Karena, urusan rakyat khan urusan pemerintah desa, di samping pemerintah kabupaten,” jelas Yusuf Murtiono.

 

Sementara itu Teguh Yuliono Kepala Dinas Pertanian dan Pangan pada prinsipnya siap membantu. Hal senada juga disampaikan Fuad Wahyudi Wakil Ketua DPRD Kebumen.



K Drs Mustofa memberikan rekomendasi bagi pengembangan petani organic nahdliyin Ambal.

“Kemitraan akademisi kampus dengan petani Ambal harus terus berlangsung. Ini bagian dari jihad. Para pihak tentunya harus mendukung agar tidak dholim. LPP PWNU siap mengawal mutu produk agar sesuai standar produk yang berlaku”, jelas Mustofa.




Secara umum para tokoh memberikan apresiasi positif dengan langkah KTST Ambal dan dukungan kampus IAINU Kebumen. Sesi paparan dan tanggapan dipungkasi dengan kesepakatan bersama tentang pengembangan lebih lanjut. Di antaranya dua desa di Kecamatan Ambal siap mengembangkan diri menjadi desa organic kedepan. KTST Ambal segera bekerjasama dengan HPN untuk pemasaran produk. Kegiatan yang didukung Sub Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Diktis Kemenag RI ini berlangsung lancar sukses.



Di akhir acara dilangsungkan pemberian kenang-kenangan beras sehat organic dari KTST Ambal kepada pembicara, utusan desa, para dosen, dan mahasiswa. Makan siang pun menggunakan produk beras organic Ambal.(*)