Ticker

6/recent/ticker-posts

PCNU-IAINU Kebumen Teken MoU Sukses Tahsinul Jam'iyah

 



KabarNU(11/8)- PCNU Kebumen dan IAINU Kebumen  menandatangi kesepakatan bersama (MoU) dalam rangka mensukseskan program tahsinul jam'iyah PCNU Kebumen, Rabu (11/8). MoU PCNU-IAINU Kebumen dilakukan langsung Ketua Tanfidziyah PCNU Kebumen KH Drs Mohammad Dawamudin Masdar MAg dan Fikria Najitama MSI Pjs Rektor IAINU Kebumen. Penandatanganan selanjutnya diikuti 26 Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU se-Kabupaten Kebumen. 

Nampak hadir jajaran PCNU Kebumen KH Saeful Munir, KH Hakim Musyaffa, K Munajat MPdI, K Nurtofik SAg, Ketua LPP PCNU Dr H Imam Satibi MPdI, dan Mukhsinun MEI Ketua LPBI PCNU Kebumen. Hadir juga Wakil Rektor II Faisal MAg, Ketua LPPM IAINU Kebumen Umi Arifah MM beserta panitia KKN IAINU Kebumen.

KH. Dawamuddin menjelaskan MoU untuk mensukseskan program tahsinul jam’iyah NU dan program KKN. 

"MoU atau nota kesepakatan PCNU dengan IAINU Kebumen dikandung maksud untuk mensukseskan program tahsinul jam'iyah NU Kebumen. Melalui program KKN diharapkan nanti mahasiswa turun ke lapangan akan membantu semua MWCNU memperbaiki dan mengembangkan organisasi", jelas KH Mohammad Dawammudin Masdar MAg yang akrab disapa Kyai Dawam.

"KKN ini sekaligus untuk mensosialisasikan program pelatihan pemulasaran jenazah bersama Bagana LPBI PCNU, dan mensukseskan gerakan menanam pohon bidara dari LPP PCNU. Program lain nanti insyaallah berlanjut sampai 2023", imbuh Kyai Dawam.






IAINU Kebumen membantu 80 bibit pohon bidara untuk tiap MWCNU se-Kebumen. Bibit ini nanti akan diekspos bersama mahasiswa KKN di lapangan.

Fikria Najitama MSI menambahkan kegiatan ini bagian dari perwujudan tridharma perguruan tinggi.

"MoU dengan PCNU Kebumen merupakan realisasi dari tridharma perguruan tinggi IAINU Kebumen bidang pengabdian kepada masyarakat. Melalui program KKN, IAINU Kebumen hadir untuk membantu masyarakat, membantu MWCNU se-Kebumen dalam program tahsinul jami'iyah", jelas Fikria Najitama MSI.
 
"Selama hampir dua bulan mahasiswa kami akan membantu MWCNU dan masyarakat", imbuhnya.

Ketika disinggung rencana penerapan kurikulum kampus merdeka, Fikria mohon doa restunya.

"Kami rencana akan memperkuat kurikulum kampus merdeka seperti yang diharapkan pemerintah. MoU ini dalam rangka mengarah kesana. Mohon doa restunya insyaallah tahun depan IAINU akan menerapkan kurikulum kampus merdeka", jelas Fikria.

IAINU Kebumen merupakan kampus tertua kebanggaan warga NU Kebumen. Sekarang ini IAINU Kebumen mengelola program studi PAI, MPI, PGMI, Ilmu Al Quran dan Tafsir (IAT), Ahwalusy Syahsiyah (AS), KPI, Perbankan Syariah, dan Ekonomi Syariah untuk jenjang S1. Selain itu IAINU juga mengelola Program Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Model pembelajarannya sudah model e-learning

Program tahsinul jam'iyah NU sendiri direncanakan sampai 2023. Diharapkan seluruh performance mutu MWCNU se-Kebumen nantinya akan menjadi percontohan banyak pihak. Langkah strategis PCNU merangkul IAINU Kebumen layak mendapatkan dukungan semua pihak.(*)