Ticker

6/recent/ticker-posts

Webinar LTN: Islam Rahmatan Lil 'Alamin, Ijtihad Jurnalistik, dan Strategi Melayani




kabarnu(30/5)- Menarik acara webinar nasional yang diselenggarakan Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) PCNU Kebumen yang bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen, Sabtu siang (30/5). Acara yang mengusung tema "New Normal World dan Media Islam Nusantara" menghadirkan tiga narasumber, Drs KH Dawamudin Masdar MAg Ketua PCNU Kebumen, Dr Syahbudi dosen dan peneliti IAIN Pontianak, dan Hari Usmayadi MKom MM Ketua LTN PBNU. 

Acara dipandu moderator Imam Subarkah MPd Sekretaris LTN PCNU Kebumen. Usai pembukaan dilanjutkan sambutan Ketua LTN PCNU Kebumen Agus Salim Chamidi MPdI dan sambutan Dekan Fakultas Tarbiyah IAINU Kebumen Benny Kurniawan MPdI. Menarik acara dikemas dengan menghadirkan pembacaan puisi "Karawang Bekasi" karya Chairil Anwar yang dibawakan Yovita Amanda mahasiswa PGMI IAINU Kebumen.


KH Drs Dawamudin Masdar MAg Ketua PCNU Kebumen

Dalam paparannya, Drs KH Dawamudin Masdar MAg menterjemahkan Islam Nusantara sebagai Islam rahmatan lil-'alamin, teknik mengkomunikasikan dan mendakwahkan nilai-nilai Islam yang fleksibel bersinggungan dengan kultur luhur Nusantara. Kyai Dawam mencontohkan tradisi Islam Nusantara yang hidup di Kebumen dan sekitarnya seperti jaburan, takbiran, slawatan, dan lainnya.

Dr Syahbudi mengawali paparannya dengan mencermati pergerakan model dakwah online yang dilakukan sejumlah tokoh, termasuk hasil survei sebuah lembaga. Syahbudi melihat sumber legitimasi keagamaan seringkali tidak linier, temuan sekuler seringkali dipergunakan untuk membenarkan paham keagamaan, dan terjadi seleksi dinamis di ruang media publik. Media online mengubah cara pandang penganut agama terhadap agamanya. Terjadi pergeseran dari ketaatan ideologis kepada mekanisme pasar.


Dr Syahbudi dosen dan peneliti IAIN Pontiaanak

Syahbudi lebih menempatkan pengertian new normal world  sebagai perubahan tata adaptasi terhadap kenormalan baru yang banyak dipengaruhi protokol kesehatan akibat pandemi covid19. Protokol kesehatan ini dapat menjadi semacam kalimatun sawa'  kesamaan platform bagi LTN NU melakukan ijtihad jurnalistik dan transformasi Islam yang lebih fresh melalui penguatan berjejaring.


Hari Usmayadi MKom MM Ketua LTN PBNU

Hari Usmayadi MKom MM mengakui tantangan dakwah memang berat, termasuk dakwah online. Tokoh muda NU yang biasa dipanggil Cak Usma menularkan strategi pentingnya berjejaring secara konsisten. LTN PBNU sudah melakukannya dengan mengembangkan NU Online, NU Channel  dan lainnya, termasuk mendorong pengurus daerah untuk berjejaring konsisten. Salah satu yang tengah  awal dikembangkan LTN PBNU berupa penerbitan Mushaf Ar Risalah  untuk kepentingan melayani dan memenuhi kebutuhan jamaah.

Acara berlangsung lancar selama dua jam. Acara yang diikuti ratusan peserta dari berbagai penjuru Indonesia ini juga dilakukan tanya-jawab dan tanggapan bersama partisipan webinar. Penyelenggaraan juga menyiapkan e-sertifikat bagi yang memerlukannya. Islam Nusantara yang rahmatan lil 'alamin perlu melakukan terobosan jurnalistik sebagai bagian penting dari strategi melayani umat, dengan prinsip al mukhafadzatu 'alal-qadimish-shalih wal-ahdu bil-jadidil-ashlah -- memelihara tradisi lama yang baik dan mengambil tradisi baru yang lebih baik._(*)

(knu03)