Ticker

6/recent/ticker-posts

Meriah, Festival Seni Islami Kaligending




kabarnu(19/1)* Festival Seni Islami berlangsung meriah di Kaligending. Acara ini bertempat di Masjid Baitul Huda Dukuh Gayam Desa Kaligending Karangsambung Kebumen, Kegiatan ini diselenggarakan oleh mahasiswa KKN IAINU Kebumen bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kaligending dan kalangan Madrasah Diniyah (madin) dan TPQ se-Kaligending.

Kegiatan festival diikuti oleh 165 santri dari dua TPQ dan 4 madin di Kaligending. Kegiatan berlangsung sangat meriah sejak pagi hingga sore hari. Cabang lomba meliputi: praktek shalat fardlu, cerdas cermat, lomba mewarnai, lomba adzan dan iqamat, seni hifdzil quran, seni tilawatil quran, kaligrafi, dan khithabah (pidato). 




Dalam sambutannya Tugino Setyo Raharjo Kepala Desa Kaligending menyatakan gembira.
"Saya gembira, dan berharap kegiatan ini dapat mendorong anak-anak sebagai generasi penerus untuk mencintai seni Islami sejak dini", sambut Tugino.

Hal senada juga disampaikan oleh Tian Khusni Akbar Ketua Kelompok KKN IAINU di Desa Kaligending.
"Tujuan kegiatan ini memang untuk mendorong anak-anak TPQ dan Madin semakin mencintai seni Islami. Harapannya orangtua anak semakin semangat mendidik anak-anaknya melalui TPQ dan Madin", ujar Tian.




Lebih jauh Ketua Panitia Festival,  Futukhan SPd, berharap kegiatan ini tidak berhenti hanya sebatas masa KKN saja.
"Saya harap kedepan masyarakat dan pemerintahan desa Kaligending semakin semangat menyelenggarakan kegiatan semacam ini, sekaligus sebagai ajang silaturakhim antar TPQ dan Madin di kaligending", harap Futukhan di sela kegiatan festival.

KKN IAINU Kebumen berlangsung di dua kecamatan, yaitu, Kecamatan Ayah dan Karangsambung, selain KKN mandiri di sejumlah desa lain. Di Karangsambung sendiri terdiri dari 14 desa lokasi KKN, termasuk di Desa Kaligending. Rencana KKN akan ditarik pada Sabtu 25 Januari 2020 di seluruh lokasi. Penarikan di Desa Kaligending direncanakan dimeriahkan dengan acara bedah buku dan seminar kesejarahan Kaligending.

(knu.02)