Ticker

6/recent/ticker-posts

Muskercab NU 2019: Forum Ajang Koordinasi dan Rumuskan Program







KEBUMEN(29/7): Selasa (30/7) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Kebumen Masa Khidmat 2018-2023 akan  menggelar acara Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) Ke-1. Acara ini akan dirangkai sekalian dengan Halal Bi Halal Warga NU Kebumen, bertempat di Komplek SMK Maarif 1 Kebumen. Sebelumnya PCNU Kebumen juga telah melantik kepengurusan lembaga-lembaga NU di lingkungan NU Kebumen di Komplek PCNU Kebumen/MA PK Maarif 01 Kebumen.

Menurut Ketua Panitia Muskercab NU KH Ali Mu'in Lc MPdI, kegiatan Muskercab ini sebagai ajang silaturakhim dan koordinasi PCNU, MWCNU di tingkat kecamatan, dan Ranting NU di tingkat desa/kelurahan.

“Muskercab ini sebagai ajang silaturakhim PCNU, MWCNU, dan Ranting NU, disamping koordinasi organisasi. Muskercab ini juga untuk sharing dalam rangka penjaringan aspirasi dari MWCNU dan Ranting NU untuk menjadi progam kerja PCNU”, jelas KH Ali Mu'in Lc MPdI di sela persiapan acara.

“PCNU sudah menyiapkan program, nanti kita tawarkan kepada MWCNU dan Ranting NU. Ini tidak lain agar gerakan NU di Kebumen menjadi lebih kompak”, imbuhnya.

Sebagaimana tercantum dalam Kata Pengantar Materi Muskercab NU Ke-1 2019, Muskercab NU merupakan forum tertinggi setelah Konferensi Cabang NU di tingkatan kabupaten/kota. Di dalam forum Muskercab inilah dirumuskan program kerja kepengurusan NU selama Masa Khidmat 2018-2023 sebagai pedoman dan petunjuk  kerja organisasi menuju tercapainya visi dan misi organisasi (jam’iyyah) NU di Kebumen, dan sekaligus tindak lanjut dari amanat Konferensi Cabang NU 2018. 

Muskercab NU 2019 mengusung tema ‘Meneguhkan Kemandirian Jama’ah dan Jam'iyyah Menuju Se-Abad NU’. Tema ini sengaja dikedepankan sebagai bentuk komitmen pengurus untuk berkhidmah kepada organisasi dan kepada warga nahdliyyin dalam rangka berikhtiar mewujudkan kemandirian sebagai manifestasi jati diri NU. 

Ikhtiar-ikhtiar program kerja tersebut ditempuh dalam koridor upaya men-jam’iyyah-kan jama’ah agar menuju  terwujudnya khaira ummah yang bersendikan pada sikap al-shidqu (kejujuran), al-amanah (terpercaya, dapat dipercaya), al-‘adlu (keadilan), al-wafa bil’ahdi (menepati janji),  serta amar ma’ruf nahi munkar.

Ada 8 bidang Program Kerja Hasil Konfercab NU 2018 yang akan digodok dalam Muskercab NU 2019 kali ini. Kedelapan bidang itu meliputi tata kelola organisasi, bidang pendidikan dan pondok pesantren, bidang sosial dan kesehatan, penguatan ekonomi, pemanfaatan teknologi komunikasi, informasi dan publikasi, akselerasi pengkaderan, peningkatan peran politik kader, dan bidang pelayanan ibadah haji.(knu01.Alm.As.Bram.Ims)