Ticker

6/recent/ticker-posts

Keluarga Alumni IAINU Akan Semarakkan Pasar Pereng

KabarNU: Ikatan Keluarga Alumni (IKA) IAINU/STAINU Kebumen besok Ahad (30/6) akan menggelar acara Temu Kangen Lintas Generasi. Acara ini akan digelar spesial di kompleks Pasar Pereng Kali Desa Grenggeng Karanganyar Kebumen. Lokasi dapat ditempuh dari Pasar Kemit ke arah utara sekitar satu kilometer. Rencananya acara ini akan dihadiri sekitar duaratusan alumni dari berbagai angkatan dan sejumlah tamu undangan.

Menurut Ketua IKA IAINU Kebumen Mustolih MPd,  selain untuk bersilaturahim dan temu kangen lintas generasi acara ini juga sekaligus bertujuan memperkenalkan obyek wisata baru Pasar Pereng Grenggeng. Sebagaimana sudah diketahui bahwa alumni IAINU/STAINU Kebumen sudah puluhan ribu tersebar di berbagai daerah di wilayah Indonesia. Para alumni juga sudah banyak berkiprah di berbagai bidang.

"Tujuan acara ini untuk mempererat silaturahim alumni antar angkatan. Akan hadir sekitar duaratusan alumni. Kami  bertujuan juga agar Pasar Pereng Grenggeng semakin terkenal menjadi tujuan wisata", jelas Mustolih.

"Selain itu tentunya dengan acara ini diharapkan alumni akan semakin menyatu dan bersinergi dalam berkiprah bagi kemajuan masyarakat", imbuh Ketua Panitia Mulyono MPdI.  

Obyek Wisata Pasar Pereng Grenggeng sendiri merupakan obyek wisata dengan konsep wisata ekologis pasar tradisional Jawa di pinggir Kali Kemit Karanganyar.  Di pasar ini akan disuguhkan beragam jajanan khas. Sangat menarik. Kegiatan transaksi jual-belinya tidak menggunakan uang (duit) sebagaimana umumnya, akan tetapi  menggunakan mata uang kepeng  yang terbuat dari potongan complong. Complong itu lembaran anyaman pandan. Kenapa daun pandan? Sebab di Grenggeng inilah tumbuh berkembang kerajinan khas anyaman pandan. Selain keunikan itu, Pasar Pereng ini berlangsung  di antara rerimbunan pohon pring (bambu) yang tumbuh di sekitar Kali Kemit. Sejumlah hiburan pertunjukan pun sudah disiapkan. Suasana pedesaan yang sejuk dan menghibur tentu tepat sekali bagi wisatawan yang terbiasa dengan udara polutif perkotaan.  


Asyiknya wisata Pasar Pereng Grenggeng


Lebih dari itu, Pasar Pereng dengan lanskap  Kali Kemit ini juga memiliki  sisi sejarah yang penting dalam perjalanan awal Indonesia. Kali Kemit sendiri merupakan kali pembatas sebagai garis demarkasi. Dulu pasca Agresi Militer I pada tahun 1946-1947, Kali Kemit menjadi pemisah wilayah. Di sebelah timur Kali Kemit dulu masuk wilayah NKRI dengan ibukota Yogyakarta, dan di sebelah barat Kali Kemit dulu masuk wilayah Hindia Belanda. 

Berwisata ke Pasar Pereng Grenggeng sungguh menarik, dan para alumni IAINU/STAINU Kebumen sangat tepat  bersilaturahim  dalam suasana ekowisata yang khas ini untuk memperkokoh kiprahnya. 

Selain berasal dari Fakultas Tarbiyah, alumni kini juga  berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Ushuluddin Syariah dan Dakwah   (USADA). Selain itu juga akan hadir para alumni Program S2 MPI IAINU Kebumen. (knu01.Bram.Mus)