Ticker

6/recent/ticker-posts

Harlah NU Ke-96 PCNU Kebumen Gelar Aneka Kegiatan

 



Kebumen (30/1)- 31 Januari 2022 merupakan Hari Lahir NU yang ke-96 dalam hitungan kalender syamsiyah. NU lahir 31 Januari 1926 di Surabaya.

Dalam rangka jelang Satu Abad NU pada Harlah Ke-96 tahun ini PCNU Kebumen pun tak ketinggalan bersemangat memperingatinya. Sejumlah kegiatan diagendakan PCNU Kebumen. Ziarah ke makam pendiri, pejuang, dan tokoh NU Kebumen menjadi agenda pembuka peringatan Harlah NU.

Sebanyak 9 tim diturunkan untuk berziarah ke sejumlah lokasi makam. Tercatat terdapat 31 nama, di antaranya terdapat tokoh lama pendiri, perintis, dan pejuang NU Kebumen. Di antaranya adalah KH Achmad Nashicha dan KH Nurchamid di Wonoyoso Kebumen, KHM Zamzam di Kompleks Makam Damarjati Tamanwinangun Kebumen, KH Sururudin di Makam Gunungpogog Bumirejo Kebumen, KH Abdurrahman Siddiq Sumbono di Jetis Kutosari Kebumen, KH Bei Ahmad Afandi di Kradenan Ambal, KH Durmuji Ibrahim di Lirap Petanahan, KH Chanifudin Mahfudz di Makam Lemahlanang Kebumen, KH Sukiyat Sujangi di Desa Kembaran Kebumen, dan lainnya. Serempak 9 tim melaksanakan ziarah pada Jumat siang (28/1).

Dalam kegiatan ziarah masyarakat sekitar makam dan keluarga terlibat dalam kegiatan tersebut. Terlibat juga pengurus NU Ranting dan MWCNU setempat. Banser Ansor setempat nampak juga terlibat dalam mengatur tertibnya kegiatan ziarah. Meskipun sempat diguyur hujan, kegiatan ziarah tetap berlangsung khidmat.

Menurut Munajat MPd, kegiatan ziarah dimaksudkan antara lain untuk napak tilas mengambil suri tauladan.

"Kegiatan ziarah ke makam pendiri dan tokoh NU dikandung maksud untuk mengambil hikmah suri tauladan perjuangan para pendiri dan tokoh NU di Kebumen khususnya", jelas Munajat.

"Bagi kita yang muda dan meneruskan berkhidmat di NU, kegiatan ini sekaligus untuk memperjelas dan mempertegas bahwa berjuang di NU itu jelas rujukannya, yaitu, para kyai dan ulama yang nyata jelas kiprahnya bagi umat", imbuhnya.

Rangkaian Harlah NU disemarakkan dengan Apel Bendera (31/1) dan sepeda gembira (13/2). Rute sepeda gembira (gowes) akan berangkat dari kompleks kampus IAINU Kebumen, menuju Jalan KH Hasyim Asy'ari (Selang), Jalan Cenderawasih, Jalan Pemuda, Tugu Lawet, Jalan Sukarno Hatta (Jalan Pahlawan), Alun-alun, Jalan HM Sarbini, Pertigaan Wonoyoso, Jalan Kusuma, dan finish di kompleks SMK Maarif 1 Kebumen dan UMNU Kebumen. Sejumlah hadiah doorprize telah disiapkan Panitia.(*)