Ticker

6/recent/ticker-posts

Tentang Kabar NU

KabarNU.ID adalah media online yang concern berbasiskan perjuangan ala organisasi keagamaan Islam Nahdlatul Ulama (NU) yang mengedepankan  suatu kehidupan umat manusia yang berperadaban (akhlaqul karimah) menuju bahagia dunia dan akhirat. Isu-isu pentingnya adalah keIslaman faham ahlussunah waljamaah (aswaja), keIndonesiaan, dan kemanusiaan. Menyuguhkan informasi dan mengkomunikasikannya tentang ber-Islam  di bumi Nusantara Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika dan berperikemanusiaan  itu merupakan program besar kemanusiaan menuju peradaban dan kebahagiaan dunia-akhirat. Kritik dan rekomendasi terhadap kebijakan pemerintah dan kepedulian terhadap hak-hak yang tertindas dan terampas merupakan satu bagian dari jawaban komunikasi KabarNU.ID dengan mengutamakan kecepatan sebagaimana media online pada umumnya tanpa meninggalkan prinsip-prinsip akurasi jurnalistik. Perubahan yang transformatif dan lebih baik untuk membangun insan kamil  dan khaira ummah merupakan harapan semua.
Para penulis di KabarNU.ID tampil sebagai sosok yang santun, tanggap dan peduli dengan kemanusiaan dan peradaban,  dan tentunya bersemangat untuk menghadirkan perubahan sesuai harapan.
KabarNU.ID lahir sebagai media perjuangan nahdliyyin yang gigih dalam berkarya nyata, berdampingan dengan media-media yang hadir di Indonesia. Kami siap bekerjasama dengan para pihak dari perusahaan, instansi, institusi, lembaga atau perseorangan dalam bidang publikasi produk, karya, dan gagasan dengan catatan yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan  redaksi. Kami terbuka terhadap sumbangan (donasi) untuk kepentingan pengembangan media ini agar semakin nyaman diakses dan dibaca, dan atas sumbangan yang diberikan kami sampaikan terima kasih.
Sebagai media yang terbuka terhadap trend  ‘citizen jurnalisme’, KabarNU.ID menerima kiriman naskah dari para pembacanya. Kami moderat wasathiyah  dan tidak radikalisme, anti hoaks, dan  professional proporsional. Jika Anda tertarik, kami menerima naskah dengan kriteria: Konten berita yang ditulis dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh pembaca dengan berbagai latar belakang. Bahasa seperti orang mengobrol lebih disukai redaksi daripada bahasa yang terlalu teoritis dan rumit serta sulit dipahami. Kami menerima juga hasil kajian/riset Anda tentang budaya, sosial, dan humaniora, termasuk tentang situs/benda sejarah, dan diutamakan yang memasukkan kajian keIslaman di dalamnya. Kami menerima juga hasil pembahasan persoalan keIslaman (bahtsul masail diniyah), terutama tentang persoalan ibadah dan isu kemanusiaan. Redaksi juga menerima artikel atau opini yang berisi gagasan penulis tentang peristiwa, fenomena, kejadian di masyarakat, atau isu-isu sosial yang selalu penting untuk dibahas. Tentu saja yang kami naikkan adalah artikel yang orisinil, belum pernah dimuat di media lain. Bisa juga redaksi menerima tulisan tentang catatan perjalanan tentu saja dengan bahasa yang komunikatif dan renyah. Kisah-kisah inspiratif, unik, floklore yang berkembang di masyarakat yang menarik untuk diketahui khalayak. Pelajaran hidup pribadi yang menginspirasi. Tempat nyaman untuk beribadah yang patut disuguhkan menjadi lokasi ibadah lebih khusyu’. Tempat indah yang berpotensi menjadi wisata di kota/desa Anda yang layak untuk dieksplorasi menjadi lokasi wisata. Tulisan artikel tentang kritik sosial yang bertujuan untuk mengangkat isu kemanusiaan, keadilan, demokrasi, dan perdamaian.
Artikel mengunakan Bahasa Indonesia, dan diperbolehkan Jawa. Kami sangat mengapresiasi penggunaan bahasa Indonesia yang baku, sopan, dan bertanggungjawab. Sebelum mengirimkannya pada kami, pastikan bahwa naskah Anda dikirimkan dalam format .doc atau .docx. , memiliki panjang antara 500–1500 kata. Naskah tidak bersifat komersial atau promosional. Naskah  dilayangkan bersama (paling tidak) satu buah foto berdimensi minimal 1200x600pixel. Foto tersebut harus berformat landscape, dan tidak melanggar hak cipta. Orisinal dan tidak pernah dipublikasikan sebelumnya di media massa. Naskah dikirimkan dengan foto profil dan biodata pribadi Anda. Kalau Anda punya blog pribadi, boleh menyertakan tautannya juga.
Tulisan artikel Anda dikirimkan sudah dalam bentuk final.  Kami tidak memberikan honor berupa uang. Kesempatan untuk dibaca dan dikomentari oleh pembaca seluruh dunia sekitar  dua juta lebih adalah imbalan yang akan didapatkan. Mengingat banyaknya naskah yang masuk ke redaksi, KabarNU.ID tidak bisa memberikan tanggapan pada setiap kontribusi. Jika setelah satu minggu Anda tidak mendengar kabar apapun dari kami, anggaplah naskah Anda belum bisa kami publikasikan dalam keputusan rapat redaksi. Kami berhak menyunting naskah secara substantif dan substansial dan tidak mengubah makna, namun tidak akan memberikan komentar atau saran editorial jika kami memilih untuk tidak mempublikasikannya.
Anda tertarik? Segera layangkan tulisan artikel Anda ke alamat email kabarnu9@gmail.com. Jangan lupa tandai surel Anda dengan subyek “Pengiriman Naskah: [Judul Naskahmu]”. Kami tunggu!
Anda sosok yang santun, tanggap dan peduli dengan kemanusiaan dan peradaban,  dan tentunya bersemangat untuk menghadirkan perubahan sesuai harapan kita semua? Anda berminat menjadi penulis purnawaktu (full-time) untuk kami? Kirimkan lamaran Anda dengan CV terbaru beserta satu contoh artikel, selain online kami segenap kru juga menerbitkan media cetak. Maka kami menerima berbagai naskah dan bila Anda punya naskah yang belum diterbitkan kami siap untuk bekerjasama menerbitkan
Terima kasih atas kunjungannya.
Salam berkarya nyata.

KabarNU.ID
LTN PCNU Kabupaten Kebumen